31 C
Kudus
Rabu, April 24, 2024

Kepala Desa Undaan Tengah Harap Sungai Wulan Segera Dinormalisasi

BETANEWS.ID, KUDUS – Kepala Desa Undaan Tengah, Dedy Arisanto berharap jika pemerintah segera melakukan normalisasi Sungai Wulan yang melintasi desanya.

Peninggian tanggul yang dilakukan disebut Dedy sebagai penanganan sementara, sehingga belum memberikan ketenangan bagi warga di Kecamatan Undaan.

Baca Juga: Banjir di Jalan Tanjungkarang Kudus Capai 60 Cm, Motor Tak Bisa Lewat

“Saat ini kami sedang melakukan peninggian tanggul sementara menggunakan bantuan alat berat dari dinas PUPR. Sebab, tanggul ini kalau tidak segera dilakukan penanganan akan rawan banjir terus-menerus, karena banjir ini sudah setiap tahun,” terangnya.

Debit air di tanggul Undaan sudah mulai surut hingga 750 m³ dari yang sebelumnya 1250 m³ hari ini, Senin (18/3/2024). Dedy juga menyebut tanggul berstatus siaga dari yang sebelumnya berstatus awas.

Di sisi lain, pihak pemerintah desa serta para warga Undaan sebenarnya sudah siap untuk melakukan normalisasi sungai dan peninggian tanggul dengan menggunakan swadaya dari desa-desa.

“Namun, kami pemerintah desa itu terbentur dengan regulasi yang ada bahwa ini bukan wewenang desa. Kalau memang dari pemerintah pusat tidak bisa segera memberikan penanganan. Permudah izin kami untuk melakukan normalisasi. Kami ini sudah capek,” beber Dedy.

Baca Juga: Kabar Baik, Debit Air di Bendung Wilalung Berangsur Turun

Menurutnya banyak yang akan dirugikan jika, tidak segera dilakukan penanganan banjir, mulai dari harta benda hingga keselamatan warga setempat. Sebab saat ini, kita bicara soal kemanusiaan, bukan lagi regulasi, lanjutnya.

“Kalau kerugiannya material saja tidak apa-apa, tapi kalau nyawa siapa yang ganti,” ujarnya.

Editor: Haikal Rosyada

Anita Purnama
Anita Purnama
Jurnalis Beta Media

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER