31 C
Kudus
Selasa, April 16, 2024

Diwaduli Warga Elpiji Langka, Pj Bupati Kudus Langsung Sidak SPBE

BETANEWS.ID, KUDUS – Penjabat Bupati Kudus Muhamad Hasan Chabibie melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) Desa Papringan, Kecamatan Kaliwungu, Selasa (19/3/2024). Hal itu untuk memastikan pasokan gas elpiji, khususnya yang tiga kilogram aman karena paling banyak digunakan oleh masyarakat.

Hasan mengaku beberapa hari terakhir mendapatkan banyak sekali mention (disebut) di media sosial oleh masyarakat. Mention tersebut berkaitan dengan kelangkaan gas elpiji, terutama yang 3 kilogram.

“Gas elpiji 3 kilogram ini kan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Di tengah situasi banjir dan Bulan Ramadan memang sangat memungkinkan kebutuhan masyarakat akan gas melon meningkat,” ujar Hasan.

Baca juga: Revlisianto Subekti Resmi Dilantik Jadi Sekda Kudus, Ini Pesan Pj Bupati

Hasil dari sidak itu, memang diakui oleh pihak Pertamina bahwa beberapa waktu lalu, kapal pengirim gas elpiji susah bersandar akibat cuaca buruk. Sehingga, itu berefek pada suplai gas untuk Kabupaten Kudus agak terhambat.

“Pada hari Sabtu (16/3/2024) kapal sudah bisa bersandar di Rembang, sehingga pasokan gas elpiji sudah kembali normal,” bebernya.

Menurutnya, kebutuhan gas elpiji untuk masyarakat Kudus itu kurang lebih 34 ribu tabung per hari. Bahkan, pasokan elpiji selama Ramadhan ini juga disiapkan buffering sebanyak 5 persen. Hal itu sebagai antisipasi, apabila ada lonjakan saat bulan Ramadan.

“Kami pastikan bahwa kebutuhan elpiji, terutama yang tiga kilogram di Kabupaten Kudus ini aman. Jadi masyarakat tidak perlu panik dan khawatir,” imbaunya.

Baca juga: Sepekan Banjir Kudus, 39.272 Warga Terdampak dan 7 Orang Meninggal

Disinggung terkait harga ecer elpiji, Sales Branch Manager PT Pertamina Patra Niaga Wilayah Kudus, Yanuar Adi, menyebut, harga ecer elpiji 3 kilogram di pangkalan itu Rp15,5 ribu per tabung.

“Harga tersebut untuk di pangkalan. Sementara yang di pengecer itu bukan jadi tanggung jawab Pertamina,” ujar Yanuar.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER