31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Kelelahan, Tiga Petugas KPPS Jepara Dirawat di Rumah Sakit 

BETANEWS.ID, JEPARA – Tiga petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Jepara dilarikan ke rumah sakit akibat kelelahan saat proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu), Rabu (14/2/2024).

Ketua KPU Kabupaten Jepara, Ris Andy Kusuma. Mengatakan, tiga petugas KPPS tersebut saat ini  masih dirawat di tiga rumah sakit berbeda. Satu orang petugas KPPS dari Desa Sekuro, Kecamatan Mlonggo, dirawat di Rumah Sakit PKU Aisiyah Jepara.

Kemudian satu petugas KPPS dari Kelurahan Saripan, Kecamatan Jepara dirawat di Rumah Sakit Graha Husada Jepara, dan satu petugas KPPS lainnya dari Desa Tubanan, Kecamatan Kembang dirawat di RS PKU Muhammadiyah, Mayong.

Baca juga: Kelelahan saat Bertugas, Satu Petugas KPPS di Pati Dilarikan ke Rumah Sakit

“Sampai saat ini ada beberapa temen-temen (KPPS) yang masih menjalani rawat inap, dan salah satunya Pak Suhartono. Berdasarkan informasi dari keluarga, Pak Suhartono ini sebelumnya memang punya riwayat penyakit diabetes. Alhamdulillah saat ini kondisinya sudah membaik. Dan dua lainnya karena kelelahan,” katanya di RS PKU Aisiyah Jepara, Senin (19/2/2024).  

Suhartini (51), istri dari Suhartono, bercerita, kondisi suaminya pada akhir Januari memang sudah drop. Suaminya juga sempat dirujuk ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaaan gula darah.  

Pada saat itu, kondisi kadar gula darah Suhartono mencapai 600 miligram/desiliter. Dari rumah sakit kemudian memberi obat berupa suntik insulin. Saat hari-H pelaksanaan pemungutan suara, kondisi suaminya juga belum sepenuhnya pulih.  

“Akhir bulan Januari itu periksa di rumah sakit, dikasih suntik insulin tapi suntik sendiri di rumah karena nggak rawat inap. Habis itu kan pemilu, tapi dia kan jadi KPPS. Mulai langsung ngedrop drastis, ya, selesai itu (penghitungan suara),” katanya.  

Kini, setelah tiga hari dirawat di rumah sakit, kondisi Suhartono sudah membaik. Kadar gula darahnya juga sudah turun menjadi 300 miligram/desiliter.

Baca juga: Parpol Saling Berebut Suara di Dapil 1 Jepara, PDIP Terbanyak

“Sekarang sudah membaik, sudah bisa diajak bicara, nggak kayak kemarin sulit bicara, diajak ngomong nggak jelas,” ujarnya.  

Setiap pelaksanaan Pemilu, menurutnya, Suhartono memang selalu menjadi petugas KPPS. Namun baru pada Pemilu kali ini harus dilarikan ke rumah sakit.  

“Setiap Pemilu selalu jadi KPPS, tapi baru sakit ini karena dari awal kan sudah drop kemudian kelelahan,” tegasnya. 

Editor: Ahmad Muhlisin 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER