31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

Uji KIR Gratis, Pemkab Kudus Pastikan Tak Berdampak pada PAD

BETANEWS.ID, KUDUS – Uji kelayakan kendaraan bermotor atau KIR di Kabupaten Kudus resmi digratiskan. Dinas Perhubungan (Dishub) Kudus pun memastikan kebijakan itu tak akan berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Bidang Keselamatan Sarana Prasarana Lalu Lintas Angkatan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan (Dishub) Kudus, Agung Budi, menyampaikan, selama ini retribusi dari Uji KIR nampu menyumbang PAD sebesar Rp900 juta per tahun.

“Usai digratiskan, retribusi Uji KIR tak begitu berpengaruh pada PAD Kabupaten Kudus, karena ada penggantinya dari sektor lain,” ujar Agung saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (3/1/2024).

Baca juga: Kabar Baik, Mulai Tahun Ini Uji KIR Kendaaraan di Kudus Gratis

Pengganti PAD UJI KIR tersebut yakni opsen atau bagi hasil Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Nantinya, porsi pembagian untuk kabupaten akan diperbesar.

“Apabila dulu porsi pembagian opsen PKB dan BBNKB 40 persen untuk kabupaten/kota dan 60 persen provinsi, sekarang dibalik,” jelasnya.

Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Kudus, Djati Solechah, mengatakan, gratisnya Uji KIR merupakan amanat dari Undang-Undang nomor 1 tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah (HKPD). Di mana setiap daerah kabupatan/kota dan provinsi diamanatkan dalam rangka memungut pajak harus menyusun peraturan daerah (Perda).

“Saat ini Perda Kabupaten Kudus tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRB), alhamdulillah sudah mendapatkan evaluasi dan disahkan pada 29 Desember 2023 lalu,” ujar Djati.

Adanya Perda tersebut, lanjut Djati, beberapa objek retrubusinya digratiskan, Antara lain Uji KIR, tera timbang yang dilaksanakan Dinas Perdagangan, dan pemeriksaan alat pemadam api ringan (APAR) oleh Satpol PP.

“Meski retribusinya digratiskan, tetapi layanannya kepada masyarakat tetap harus dilaksanakan,” bebernya.

Baca juga: Tingkatkan Pendapatan Pajak, Pemkab Kudus Akan Minta Penambahan Tapping Box

Dia mengakui, dengan digratiskannya beberapa retribusi tersebut sebenarnya berdampak pada PAD Kabupaten Kudus. Karena itu adalah amanah UU dan Perda, sehingga harus tetap dilaksanakan.

“Oleh karena itu kita harus bisa menata dan mengoptimalkan dari objek yang lainnya agar PAD Kabupaten Kudus tetap maksimal,” jelasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER