31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

Limit Penarikan BPR Jepara Artha Kian Menciut

BETANEWS.ID, JEPARA – Jumlah maksimal atau limit penarikan dana nasabah di PT. BPR Bank Jepara Artha kian menciut. Dari yang tadinya jumlah maksimal penarikan Rp 10 juta, per tanggal 3 Januari 2024 nasabah hanya bisa menarik dana simpanannya Rp 2 juta per penarikan.

Hal tersebut kemudian berdampak pada semakin mengularnya daftar tunggu antrian nasabah. Per hari ini, Selasa (9/1/2024) daftar tunggu antrian nasabah di Bank Jepara Artha yang berada di Jalan Jendral Ahmad Yani No.62, Kelurahan Pengkol, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara sudah sampai pada tanggal 30 April 2024.

Baca Juga: Kerjanya Tak Sepaneng, Pelipat Surat Suara di Jepara Ketagihan

Salah satu nasabah, Penta (50) yang berasal dari Desa Karanggondang, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara bercerita perubahan batas minimal tersebut membuat ia masih harus antri selama sepuluh kali kembali.

Padahal sampai saat ini, ia sudah memiliki sembilan nomor antrian. Nomor antrian pertamanya pada tanggal 19 Januari 2024.

“Karena batasnya sekarang Rp 2 juta, kemarin temen saya yang udah ambil, meskipun dulu waktu dia antri batas maksimalnya masih Rp 10 juta, kemarin waktu ambil dapatnya Rp 2 juta,” ujarnya pada Betanews.id.

Ia mengaku mendapatkan informasi terkait isu yang menerpa Bank milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara tersebut dari seorang temannya. Ia kemudian mulai antri melakukan penarikan pertama pada tanggal 3 Januari lalu.

Uang simpanan tersebut rencananya bakal ia gunakan untuk biaya sekolah anaknya. Karena terhalang pekerjaan, ia dan istrinya tidak setiap hari mengantri mengambil nomor urut. Jika pun ikut mengantri, biasanya ia akan menitipkan tabungan miliknya kepada seorang teman yang berdomisili di Kecamatan Jepara.

“Biasanya jam 5 pagi udah ada yang antri naruh tabungan, saya biasanya nitip temen, jadi nanti sampai sini tinggal nunggu di panggil,” katanya.

Sebagai nasabah yang sudah 10 tahun menabung di Bank Jepara Artha, ia sendiri tidak menyangka akan terjadi hal seperti ini. Namun jika nantinya bank tersebut dapat dipulihkan kembali, ia mengaku tidak kapok untuk tetap menjadi nasabah di bank tersebut.

“Nggak kapok sih, soalnya kalau isunya sudah selesai, saya yakin akan kembali lagi. Lima tahun ke depan, pasti tidak akan seperti ini lagi, karena sudah belajar dari pengalaman,” katanya.

Baca Juga: Pemkab Jepara Nonaktifkan Tiga Pejabat BPR Jepara Artha

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta, melalui sub bagian protokol Setda Jepara menjelaskan bahwa pembatasan pembatasan maksimal penarikan dana tersebut dilakukan untuk menjaga liquiditas dana.

“Untuk menjaga liquiditas bank maka direksi mengatur batas maksimal penarikan dana dari nasabah,” katanya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER