31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

Laporan Dana Kampanye Dua Parpol Dikembalikan KPU Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus menyebut 18 partai politik (Parpol) sudah menyampaikan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK). Dari hasil penyampaian tersebut, ada dua parpol yang LADKnya dikembalikan untuk dilakukan perbaikan.

Komisioner KPU Kabupaten Kudus Divisi Teknis Penyelenggaraan, Ahmad Kholil, mengatakan, seluruh parpol di Kota Kretek sudah menyampaikan LADK, termasuk satu parpol yang tak punya caleg.

“Semua proses LADK dilakukan secara online melalui Sikadeka (Sistem Informasi Kampanye dan Dana Kampanye). Jadi pengurus parpol tidak datang ke kantor KPU Kudus,” ujar pria yang akrab disapa Alan kepada Betanews.id di kantor KPU Kudus, Senin (8/1/2024).

Baca juga: Ngawurnya Parpol di Kudus, Catut Ribuan Orang Jadi Anggota Tanpa Izin

LADK 18 parpol tersebut, lanjut Alan, langsung dilakukan pencermatan. Apabila ada ketidaksesuaian informasi, LADK itu dikembalikan untuk dilakukan perbaikan.

“Dari hasil pencermatan, ada dua LADK parpol yang kita kembalikan. Masing-masing LADK milik Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Perindo,” bebernya.

Menurut Alan, LADK milik PPP Kudus beberapa formulir tidak ada stempelnya. Sementara milik Partai Perindo dikembalikan karena beberapa LADK dari anggota calon legislatifnya (caleg) tidak disertai tanda tangan caleg bersangkutan.

“Sehingga kita kembalikan untuk diperbaiki. Tahapan perbaikan LADK sampai tanggal 12 Januari 2024,” bebernya.

Baca juga: KPU Demak Bakal Diskualifikasi Parpol yang Tidak Lapor Dana Kampanye

Lebih lanjut Alam menyampaikan, ada tiga ketentuan dalam proses penerimaan LADK parpol ke KPU. Pertama, pihaknya melakukan pencermatan atas kesesuaian informasi yang ada pada LADK.

“Kedua, menetapkan status penerimaan LADK. Dan, ketiga adalah kita memberikan tanda pengembalian atau tanda terima,” jelasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER