31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

KPU Pati Gunakan Nama Buah dan Sayuran untuk Contoh Surat Suara pada Simulasi Pencoblosan

BETANEWS.ID, PATI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati menggunakan spesimen surat suara atau contoh surat suara berupa nama buah dan sayuran. Spesimen surat suara tersebut digunakan dalam simulasi pemantapan pemungutan dan penghitungan suara yang digelar di Desa Geritan, Kecamatan/Kabupaten Pati, Rabu (31/1/2024).

Komisioner KPU Pati Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Khusnul Imanuddin, mengatakan, untuk spesimen surat suara yang dipakai pada simulasi pemantapan tersebut, adalah empat Pasangan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP).

“Selain itu ada 18 partai politik untuk anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten serta 27 anggota DPD,” ujar Khusnul.

Baca juga: Dijadikan Tempat Simulasi Pencoblosan, Ini Alasan KPU Pati Pilih Desa Geritan

Sementara, 7 orang yang berperan sebagai Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) dalam simulasi tersebut, diambilkan dari 7 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dikoordinir oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Pati.

Ia menyebut, simulasi pemantapan TPS dibuat seperti layaknya TPS asli saat pemungutan suara pada 14 Februari 2024. Pemungutan suara dimulai pada pukul 07.00 dan penghitungan suara pada pukul 13.00 WIB.

Sementara itu, Sugiharto, salah satu warga yang ikut dalam simulasi pemungutan suara, mengaku tidak mengalami kesulitan yang berarti dalam menyalurkan gak suaranta di TPS.

Baca juga: KPU Pati Simulasi Pemungutan Suara di TPS Rawan Banjir

“Gak ada kesulitan. Ya tadi paling lima menit sudah selesai mencoblos. Karena ini kotaknya agak banyak, jadi agak lama sedikit,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan adanya simulasi pemungutan suara tersebut, dirinya akan lebih mudah nanti ketika mencoblos pada 14 Februari mendatang.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER