31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Khawatir Picu Keributan, Kampanye di Kudus Dilarang Gunakan Knalpot Brong

BETANEWS.ID, KUDUS – Seluruh pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kudus deklarasi kampanye Pemilu tanpa knalpot brong. Deklarasi ditandai dengan pemusnahan ratusan knalpot brong sepda motor di Taman GOR Wergu Wetan, Jumat (5/1/2023).

Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Bergas C Penanggungan, menyampaikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus mendukung terciptanya Pemilu damai dan aman, salah satunya dengan larangan menggunakan knalpot brong. Selain itu, tentu untuk mewujudkan  kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

“Masyarakat harus ikut mempelopori kenyamanan berlalu lintas dengan tidak menggunakan knalpot brong. Terutama saat tahap kampanye Pemilu 2024,” ujar Bergas.

Baca juga: Polresta Pati Akan Sikat Pemotor Berknalpot Brong saat Konvoi Kampanye Terbuka

Menjelang kampanye terbuka pada 21 Januari sampai 10 Februari 2024 mendatang, diharapkan masyarakat sudah paham aturan berlalu lintas. Bergas menekankan simpatisan partai bisa menggaet perhatian masyarakat selama Pemilu sesuai aturan yang berlaku. 

“Penggunaan knalpot brong justru memicu ketidaknyamanan terutama masyarakat sekitar. Simpatisan yang ikut kampanye harus mengikuti aturan berlalu lintas,” paparnya.

Meskipun begitu, pihaknya menuturkan penindakan kendaraan yang menggunakan knalpot brong akan terus dilakukan usai Pemilu, sehingga, tidak memicu konflik dan meresahkan masyarakat sekitar.

“Tidak hanya waktu Pemilu ya. Setelah Pemilu pun tidak boleh memakai knalpot brong,” imbuhnya.

Baca juga: Ganjar Janji Akan Hapus Utang Macet Petani, Ribuan Warga Blora Langsung Bersorak

Kapolres Kudus, AKBP Dydit Dwi Susanto, menyebut, knalpot brong yang berjumlah 427 unit itu merupakan hasil operasi petugas selama empat hari dari tanggal 1 hingga 4 Januari 2024 sebagai antisipasi petugas dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan masyarakat terutama jelang kampanye terbuka Pemilu 2024.

“Kami tidak ingin wilayah Kudus dipenuhi dengan kendaraan bermotor yang membisingkan. Karena itu, personel kami gerakkan untuk melakukan razia dengan sasaran pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot brong,” kata Kapolres.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER