31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Harga Gabah Diklaim ke Depan Akan Semakin Tinggi, Ini Penyebabnya

BETANEWS.ID, KUDUS – Harga gabah padi biasa dan ketan saat ini melambung tinggi, diyakini akan semakin meningkat. Menurut penebas gabah, Akronji, faktor utama adalah panen yang tidak serentak. Hal itu membuat petani di wilayah Undaan yang saat ini sedang panen sangat diuntungkan.

“Saya rasa harga padi semakin hari akan semakin naik. Sebab, saat ini sedang tidak panen raya dan permintaan banyak. Otomatis barang sangat dibutuhkan dan dicari,” jelasnya saat ditemui di area persawahan Desa Medini, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus itu, Sabtu (20/1/2024).

Baca juga: Petani Undaan Girang Harga Gabah Tinggi, Tembus Rp10 Ribu per Kilogram

Keduanya, kata Akronji, jika cuaca yang cerah akan berimbas pada harga yang lebih tinggi lagi. Sebab, dengan cuaca cerah hasil panen akan lebih baik. Di sisi lain, proses pengeringan padi akan semakin mudah dan cepat, sehingga tidak perlu membutuhkan alat pengering.

“Jadi saya rasa ke depannya harga akan semakin tinggi, sehingga dengan harga tinggi ini akan menguntungkan petani,” ungkapnya.

Menurut salah satu petani, Muksinin, hasil panennya dihargai Rp7,6 ribu per kilogram untuk gabah biasa dan padi super Rp7,8 ribu. Sedangkan gabah ketan tembus Rp10 ribu.

Baca juga: Petani Kudus Mulai Beralih Semprot Pestisida Pakai Drone, Lebih Hemat dan Cepat

Ia pun merasa senang dengan hasil dan harga padi ini, karena memang jarang terjadi. Faktor panen yang tidak serentak di masing-masing daerah membuat harga lebih tinggi dari panen sebelum-sebelumnya. Ia mengaku, pernah merasakan harga yang sama dengan saat ini, tapi sudah sangat lama yaitu sekitar 2011 atau 2012.

“Ini termasuk harga yang tinggi, karena sebelumnya tidak seperti ini. Kami pun senang karena hasil panen kali ini bisa lebihi target. Bobot padi juga bagus karena kondisinya sedang cerah,” jelasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER