31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

Dana Kampanye Partai Buruh dan PSI di Jepara Rp0, Ternyata Ini Alasannya

BETANEWS.ID, JEPARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara telah merilis Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) seluruh peserta Pemilu 2024. Dari 18 Partai Politik (Parpol), LADK Partai Buruh dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tertulis Rp0.

Namun, dari lampiran formulir LADK yang juga dirilis oleh KPU Jepara, nominal Rp0 di Partai Buruh dan PSI hanya tertulis pada bagian dana kampanye yang berbentuk uang. Sedangkan bentuk dana kampanye yang berupa barang dan jasa, mereka melaporkannya.

PSI melaporkan bentuk dana kampanye berupa Jasa Kampanye Calon Anggota Legislatif (Caleg) sebesar Rp45.431.000. Sedangkan Partai Buruh bentuknya berupa barang yang berasal dari Parpol di tingkat pusat sebesar Rp4,5 juta. Kemudian bentuk dana kampanye yang berupa Jasa Kampanye Caleg sebesar Rp1.341.000.

Baca juga: Dana Kampanye 12 Parpol di Jepara Kurang dari Rp1 Juta, PDIP Terbesar

Menanggapi hal tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PSI Jepara, Albert Sahala Sihaaan, mengatakan, LADK Partai PSI di tingkat kabupaten bernilai Rp0, karena beberapa pengeluaran kampanye di tingkat kabupaten tandem dengan calon legislatif (Caleg) di tingkat pusat.

Seperti dirinya yang maju sebagai Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI, Alat Peraga Kampanye (APK)nya tandem dengan Caleg di tingkat kabupaten. Menurutnya, jika selama ini banyak APK PSI yang bertebaran, APK tersebut kebanyakan berasal dari PSI di tingkat pusat.

“Pengeluaran partai memang tidak ada karena itu bantuan dari pusat sehingga dilaporkannya ke Sikadeka yang KPU Pusat,” katanya saat dihubungi melalui telepon, Kamis (17/1/2024).

Di sisi lain, sebagai partai baru yang belum memiliki kursi di DPRD Kabupaten Jepara, dari DPD PSI Jepara, menurutnya, hanya menarget dua perolehan kursi DPRD Jepara.

Dihubungi terpisah, Ketua Executive Committee (Exco) Partai Buruh Kabupaten Jepara, Angga Wijaya, menjelaskan, LADK Partai Buruh tertulis Rp0, karena memang tidak mendapat penerimaan dana kampanye dari tingkat pusat. Di tingkat pusat hanya memberi bantuan APK berupa baliho.

Baca juga: Punya Dana Kampanye Terbesar Kedua, Ketua PSI Kudus: ‘Tak Ada Sokongan dari Pusat’

“Dari Partai Buruh memang tidak ada uangnya, dari pusat memang tidak memberikan. Dari pusat hanya memberi APK berupa baliho, kalender, stiker,” ungkapnya.

Sedangkan untuk kebutuhan kampanye dari Caleg di tingkat kabupaten, menurutnya bersumber dari dana pribadi masing-masing Caleg.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER