31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

16 Camat dan 9 Kabid di Jepara Dapat Mobil Dinas Baru

BETANEWS.ID, JEPARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara memberikan mobil dinas baru bagi 16 camat dan sembilan kepala bidang. Kepala Bagian (Kabag) Umum, Setda Jepara, Anjar Jambore Widodo, menjelaskan bahwa penyerahan mobil dinas dilakukandi Halaman Kantor Bupati Jepara, Rabu (3/1/2024).

Ia menjelaskan, mobil dinas bagi camat dan Kabag tersebut terakhir diberikan pada 2007 lalu. Namun, dalam pengadaan kali ini bukan berupa mobil baru melainkan menggunakan sistem sewa dari PT JACCS Mitra Pinasthika Mustika Finance Indonesia (JACCS MPM Finance Indonesia).

Penunjukan perusahaan tersebut dilakukan melalui sistem lelang di E-Katalog yang merupakan aplikasi sistem belanja online yang dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Baca juga: Pasar Online Rusak Harga Gebyok Jepara, Bahkan Sampai Banyak yang Banting Harga

Dalam penjelasannya, 25 mobil tersebut akan disewa selama satu tahun dengan biaya sewa per bulannya sebesar Rp5.661.000. Biaya sewa tersebut juga sudah termasuk perawatan mobil.

“Mobil camat dan Kabag ini kan dari 2007 lalu belum diganti, jadi kasihan. Kemudian kita sewa lah, untuk sementara (sewanya) per tahun,” katanya melalui sambungan telepon.

Jika ditotal, biaya sewa sejumlah mobil tersebut selama satu tahun, menghabiskan anggaran sebesar Rp1.698.300.000 yang diambilkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Baca juga: Pemkab Akan Jual Aset Daerah Jika Bank Jepara Artha Tak Mampu Kembalikan Dana Nasabah

Karena menggunakan sistem sewa, 25 mobil tersebut tidak menggunakan plat merah. Hanya saja di bagian badan mobil akan diberi stiker bertuliskan mobil operasional camat atau Setda Jepara. Adapun mobil dinas yang disewa bermerek Toyota Avanza dengan seri 1,5 G.

“Platnya, plat hitam nanti ada tulisannya operasional camat dan setda,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER