31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

ODGJ Bisa Berikan Hak Suaranya, Asalkan Penuhi Syarat Ini

BETANEWS.ID, JEPARA – Berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara terdapat 1.344 penyandang disabilitas mental atau Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Jepara yang mempunyai hak pilih saat pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Jepara Ris Andy Kusuma mengatakan, para penyandang disabilitas mental ini dapat menggunakan hak pilihnya dengan ketentuan, mendapatkan surat rekomendasi sehat dari dokter.

Baca Juga: Terpasang di Pohon dan Tiang Listrik, Ribuan Baliho Dibabat Bawaslu Jepara

”Penyandang disabilitas mental ini ada 22,58 persen dari total penyandang disabilitas yang meiliki hak suara di Pemilu 14 Febuari mendatang,” ungkapnya pada Kamis (28/12/2023).

Ia kemudian merinci, dari 914.996 daftar pemilih tetap (DPT) yang ada di Kabupaten Jepara, jumlah pemilih disabilitas ada 0,65 persen atau 5.951 pemilih.

Dengan rincian Disabilitas fisik sebanyak 2.788 pemilih, tuna netra sebanyak 716 pemilih, tuna rungu sebanyak 250 pemilih, tuna wicara 538 pemilih, penyandang disabilitas intelektual 315 pemilih, dan disabilitas mental 1.344 pemilih.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara dr Eko Cahyo Puspeno mengatakan, istilah disabilitas mental di dalam kesehatan adalah orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) dan orang dengan masalah kejiwaan (ODMK).

ODMK adalah orang yg mempunyai masalah fisik, mental, sosial, pertumbuhan dan perkembangan dan atau kualitas hidup sehingga memiliki risiko mengalami gangguan jiwa. Adapun ODGJ adalah orang yg mengalami gangguan pikiran, perilaku dan perasaan yang terwujud dalam bentuk sekumpulan gejala dan atau perubahan perilaku yang menimbulkan penderitaan.

Baca Juga: Nasib Nasabah BPR Jepara Artha, Antre Lama Padahal Butuh Dana Cepat

ODGJ dan ODMK memiliki fase terkendali dengan kondisi stabil, sehingga bisa melakukan berbagai aktivitas dengan normal. Sampai dengan Desember ini, Eko menyebut di Jepara terdapat 2.363 ODGJ. ODGJ ini ada yang melakukan pengobatan rutin sehingga kondisinya terkendali.

”Dalam fase terkendali inilah, dokter bisa memberikan keterangan sehat, sebagaimana syarat untuk memilih dalam pemilu,” ungkapnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER