31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

Ikut Simulasi Pemilu 2024, Pemilih Disabilitas Jepara Kesulitan Lipat Surat Suara

BETANEWS.ID, JEPARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara menggelar kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu tahun 2024. Simulasi tersebut bertujuan untuk mengetahui kondisi real atau gambaran di Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat Hari-H pemungutan suara berlangsung.

Muhammad Syamsuddin (49), salah satu pemilih Disabilitas yang ikut serta dalam kegiatan simulasi bercerita bahwa ia mengalami kesulitan saat melipat suara suara yang telah selesai dicoblos.

Baca Juga: Cerita GITJ Donorojo Jepara, Dulu Tempat Penyembuhan Penyakit Kusta

Hal tersebut lantaran banyaknya surat suara yang harus dipilih. Selain itu, warga Desa Sukodono, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara tersebut mengaku tidak menemukan kendala lain.

“Kesulitannya itu pas ngelipat, kebanyakan surat suara, selain itu sih aman,” katanya usai melakukan simulasi pemungutan suara, Selasa (26/12/2023) di Gedung Wanita Kabupaten Jepara.

Lebih lanjut ia bercerita bahwa dalam melaksanakan pemungutan suara, dari awal sampai memasukkan surat suara ke dalam kotak membutuhkan waktu sekitar lima menit.

Ris Andy Kusuma, Ketua KPU Kabupaten Jepara mengatakan bahwa dalam kegiatan tersebut terdapat 100 pemilih yang mengikuti simulasi. Jumlah tersebut juga sesuai dengan jumlah pemilih di TPS 4, Kelurahan Demaan, tempat pelaksanaan kegiatan simulasi berlangsung.

Dalam kegiatan tersebut, pemilih melakukan simulasi pencoblosan terhadap lima surat suara sesuai dengan jumlah surat suara dalam pelaksanaan Pemilu 2024. Yaitu Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan DPD.

Ia menjelaskan bahwa hasil dari simulasi tersebut nantinya akan menjadi bahan pertimbangan bagi KPU saat Hari-H pelaksanaan kegiatan pemungutan suara.

“Jadi simulasi ini untuk memperoleh gambaran nanti di tanggal 14 Februari nanti seperti apa, sehingga waktu dan kesesuaiannya nanti bisa mendapatkan gambaran yang real,” jelasnya.

Baca Juga: Waswas BPR Jepara Artha Bangkrut, Nasabah Berbondong-bondong Tarik Uang Tabungan

Waktu dimulainya simulasi tersebut juga disesuaikan dengan pelaksanaan real pemungutan suara, yaitu dari Pukul 07.00-13.00 WIB.

Usai pemungutan suara, menurutnya juga akan dilakukan simulasi penghitungan surat suara. Namun dalam kegiatan simulasi kali ini, hanya surat suara Presiden – Wakil Presiden serta DPD yang akan disimulasikan.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER