31 C
Kudus
Rabu, Juni 19, 2024

Batu Terbang di Pilkades Kembangan Demak, Aparat Jadi Korban

BETANEWS.ID, DEMAK – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Desa Kembangan, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, Minggu (8/10/2023) sempat berlangsung ricuh. Gesekan antar pendukung cakades membuat suasana memanas hingga batu-batu beterbangan di udara.

Akibat kejadian tersebut seorang anggota TNI menjadi korban lemparan batu saat mencoba melerai pertikaian.

Baca Juga: Satu Desa di Demak Tidak Ikut Pilkades, Jabatan Akan Diisi Pj

-Advertisement-

Kericuhan yang di mulai pada pukul 8.50 WIB itu terjadi di tempat pemungutan suara (TPS). Kedua pendukung cakades menggunakan atribut kampanye, menunjukkan identifikasi kaos dan menyanyikan yel yel. Kemudian situasi memanas dan terjadi pertikaian yang diwarnai aksi lempar batu.

Kapolsek Bonang, AKP Margono menyayangkan hal itu, padahal sebelumnya para pendukung cakades telah sepakat untuk tidak menggunakan atribut saat pemungutan suara.

“Sudah kita laksanakan secara protap, tapi tadi sempat terjadi gesekan karena pendukung satu dan pendukung dua tetap menggunakan atribut yang sudah kita sepakati tidak dikenakan. Artinya mereka menunjukkan identitas, melaksanakan yel yel lalu terjadi gesekan,” katanya.

Ia menegaskan aksi kericuhan tersebut tidak ada adu jotos, melainkan hanya saling lempar batu. Akibat kejadian tersebut, satu anggota TNI mengalami lecet di bagian kepala, karena terkena lemparan batu saat melerai masyarakat.

“Korban ada satu, dari anggota koramil kepalanya lecet. Saat terjadi lemparan batu terkena kepala dan mengalami lecet,” ujarnya.

Meskipun begitu, ia menerangkan bahwa kejadian itu tidak berlangsung lama. Kedua kubu saling diamankan dan pemungutan suara berjalan normal kembali.

“Kejadian itu hanya sebentar kurang lebih hanya beberapa menit, setelah itu kami lakukan tindakan dan kembali kondusif. Saat ini berlajan normal,” terangnya.

Ketua panitia pilkades Desa Kembangan, Muzani Ali Shodikin memaparkan dua calon kepala desa itu bernama Suhardi dan M Shodiq Almubarok.

Baca Juga: DPRD Demak Sayangkan Tidak Dilibatkan Dalam Rencana Pembangunan Rusun Purwosari

Sedangkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) terdapat 2.812 orang yang terbagi dalam lima TPS.

“Setelah pencoblosan untuk semua pendukung di luar area balai desa tidak boleh masuk, kemudian ada tim keamanan di tengah-tengah kubu. Semoga bisa berjalan aman, ” pungkasnya.

Editor: Haikal Rosyada

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER