31 C
Kudus
Sabtu, September 23, 2023

Tak Mau Jadi Beban Orang Tua, Waidong Nekat Gadaikan Motor untuk Bisnis Jersey

BETANEWS.ID, JEPARA –  Puluhan jersey klub sepak bola tampak memenuhi deretan rak dan etalase Waidong Sport di Desa Pulodarat, Kecamatan Pecangan, Kabupaten Jepara. Di sana, beberapa orang tampak sedang memilih seragam bola klub kesayangan masing-masing. Mereka dilayani oleh Wadong, sang pemilik usaha.

Di sela-sela melayani pembeli, Waidong bersedia menjelaskan bisnis jersey yang dimulai 2019 lalu itu. Awal mula berkecimpung di dunia jersey berawal dari pikirannya yang tak ingin terus menerus membebani orang tuanya.

Toko Waidong Jersey yang sediakan jersey murah meriah di Jepara. Foto: M. Faiz Anwar

Keberanian mahasiswa semester akhir IAIN Kudus itu muncul setelah dirinya melihat prospek yang cukup menjanjikan di mana belum banyak penjual jersey dengan harga murah. Tak tanggung-tanggung, ia nekat menggadaikan sepeda motornya untuk modal.

Baca juga: Hobi Badminton Tuntun Titot Rintis Toko Alat Olahraga yang Kini Makin Ramai

“Dulu modalnya dari gadai motor, dapat Rp3 juta saya belikan jersey bola. Dengan uang segitu saya dapat baju jersey sekitar 1 karung,” ujarnya, Kamis (14/7/2023).

Dalam menjalankan bisnisnya, Waidong berjualan secara offline dan online. Bahkan tidak jarang ada pesanan dari tim bola lokal Jepara maupun luar Jepara yang memesan sablon dan kaus kepadanya.

“Kebanyakan orderan dari online. Itu belinya satuan. Kadang dapat orderan banyak dari tim bola sini, kadang luar Jepara bahkan luar Jawa. Itu kalau beli bisa banyak,” terangnya.

Baca juga: Usaha Mebel Bangkrut, Zaenuri Bangkit Rintis Usaha Sewa Sound System yang Kini Tak Pernah Sepi

Harga jersey yang dijual Waidong Sport bermacam-macam, mulai dari Rp25 ribu sampai Rp55 ribu. Satu set jersey bola anak harganya Rp25 ribu sampai Rp35 ribu. Sedangkan satu set dewasa bisa dijual dengan harga Rp50 ribu.

Waidong mengungkapkan, potensi bisnis jersey ini masih potensial. Mengingat, dia dapat menjual ribuan jersey setiap bulannya dan dapat meraup omzet hingga puluhan juta.

“Dari hasil itulah saya bisa mencukupi keperluan kuliah dan membantu meringankan orang tua,” pungkasnya.

Penulis: M. Faiz Anwar, Mahasiswa PPL IAIN Kudus

Editor: Ahmad Muhlisin

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,308PengikutMengikuti
118,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER