31 C
Kudus
Rabu, Februari 28, 2024

Bikin Takjub, 780 Bendera Pelajar SMPN 30 Semarang Merah Putih-kan Jalanan

BETANEWS.ID, SEMARANG – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 30 Semarang berlangsung meriah, Kamis (17/8/2023). Usai menggelar upacara bendera di lapangan sekolah, sekitar 760 pelajar didampingi kepala sekolah, guru, dan staf-nya turun ke jalan menggelar karnaval keliling kampung.

Dengan mengenakan kostum adat berbagai daerah, mereka berarak-arakan masuk ke jalan-jalan perkampungan sekitar sekolahan, di wilayah Kelurahan Krobokan, Kecamatan Semarang Barat.

Uniknya, para peserta karnaval membawa bendera kebangsaan ukuran standar yang dikibar-kibarkan sepanjang perjalanan. Tak pelak, barisan karnaval yang mencapai sekitar 200 meter-an tersebut pekat oleh nuansa merah-putih. Selain tampil aktraktif dengan pakaian adat, ada pula kesenian barongsai yang menambah kemeriahan karnaval.

Baca juga: Gelar Upacara di Sungai Juwana, Ini Pesan yang Ingin Disampaikan

Kepala SMPN 30 Semarang, Nurwakhidah Pramudiyati, turut dalam barisan kebudayaan tersebut dengan menaiki kereta kuda. Ia mengenakan pakaian adat Minangkabau dengan didampingi salah seorang pengajar, Basuki Gunarto yang berkostum adat Jawa.

Perjalanan karnaval berakhir di hutan kota Krobokan. Agenda ini sendiri adalah bagian dari kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka. Sementara, kegiatan puncak bertajuk “780 Bendera Merah Putih Berkibar Menyeruak Ke Angkasa Raya” ini merupakan penerapan P5 yang pertama, yaitu tentang Bhineka Tunggal Ika.

“Prosesnya kita mengambil tiga minggu dari KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) untuk persiapan P5 ini untuk bisa tampil di puncaknya di hari ini. Terkait dengan ke-bhinekaan, ada makanan tradisional, lagu daerah,” jelas Nurwakhidah.

Sementara perwakilan Dinas Pendidikan Kota Semarang, Fitri Ati, yang turut hadir di acara tersebut menyatakan apresiasinya.

Baca juga: 78 Tahun Indonesia Merdeka, Warga Disabilitas Kudus Merasa Belum Merdeka

“Sangat bagus sekali, sangat memotivasi semua orang tua, siswa, dan warga sekitar. Dengan adanya kegiatan seperti ini, keguyuban sekolah juga ikut terwujud,” puji Fitri.

Selain perwakilan Disdik, hadir pula perwakilan dari kecamatan, kelurahan, kepolisian, TNI, dan tokoh masyarakat lainnya. Mereka secara simbolik menancapkan beberapa tonggak bendera merah putih.

Selanjutnya lagu “Kebyar-Kebyar” karya Gombloh yang dinyanyikan bersama-sama menjadi gong kemeriahan acara. Para siswa dan siswi yang melingkari titik acara mengangkat dan mengkibas-kibaskan 780 bendera merah putih di udara. Sontak pemandangan merah-putih kembali dominan menghiasi langit Krobokan.

Secara berurutan, acara berlanjut dengan beberapa pertunjukan seni oleh para siswa dan siswi SMPN 30 Semarang.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER