31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

Museum Kartini Jadi Destinasi Wisata Favorit saat Libur Sekolah di Jepara

BETANEWS.ID, JEPARA – Museum Kartini masih jadi salah satu destinasi wisata yang ramai kunjungan saat lbur sekolah. Bahkan, menurut Sub Koordinator Sejarah dan Kepurbakalan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara, Lia Pupardianik, jumlah pengunjung pada Juni lalu mencapai 3.700 orang.

“Para pengunjung ini beragam, tidak hanya pelajar tetapi juga keluarga, tidak hanya dari dalam kota tetapi kebanyakan malah dari luar kota,” katanya saat ditemui di Kantor Disparbud Jepara, Rabu (5/7/2023).

Pengunjung memadati Museum Kartini, Rabu (5/7/2023). Foto: Umi Nurfaizah

Menurut salah satu pengunjung, Erdiana Devintawati (38), ia bersama keluarga memang sengaja berkunjung ke Museum Kartini agar anaknya dapat melihat secara langsung sosok dari RA Kartini yang selama ini hanya diketahui dari buku dan gambar di sekolah.

-Advertisement-

Baca juga: Pantai Semat Jepara, Hanya Bayar Tiket saat Akhir Pekan

“Karena selama ini kan yang diketahui hanya dari gambarnya saja tidak mengenal yang lebih dalam tentang sosok RA Kartini,” kata warga Kecamatan Ngaliyan, Semarang itu.

Bagi Erdiana yang baru pertama kali datang ke Museum Kartini, akhirnya juga mengetahui sosok ayah dan ibu dari RA Kartini.

“Dari foto-foto yang ada kita juga jadi tahu bagaimana kondisi pendidikan jaman dulu yang tentu berbeda dengan sekarang, serta bagaimana kondisi kehidupan di masa RA Kartini dulu,” ujarnya.

Baca juga: Pesona Pantai Bandengan yang Selalu Ramai Meski Banyak Wisata Baru Bermunculan di Jepara

Senada dengan Erdiana, Widuri Widyaningsih (30) salah satu pengunjung dari Kabupaten Sragen yang datang bersama rombongan satu bus, mengatakan bahwa ia juga ingin mengenal bagaimana sosok dari RA Kartini.

“Jadi mengenal lebih dekat aja bagaimana sosok RA Kartini yang menjadi salah satu pejuang perempuan yang menginspirasi,” katanya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER