31 C
Kudus
Rabu, Februari 28, 2024

Tumpah Ruah, Masyarakat Desa Sirodadi Sayung Rebutan Hasil Bumi Saat Tradisi Apitan

BETANEWS.ID, DEMAK – Masyarakat Desa Sirodadi, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, tampak bergerombol menghadiri Tradisi Apitan, Kamis (1/6/2023). Sebelumnya, mereka mengarak ambengan dan gunungan hasil bumi mengelilingi desa.

Uniknya, gunungan hasil bumi yang biasanya berisi sayur-sayuran dan buah-buahan itu juga diisi berbagai jenis ikan. Mengingat, warga Sirodadi mayoritas berprofesi nelayan.

Kepala Desa Sirodadi, Supriyanto, mengatakan, Tradisi Apitan digelar setiap memasuki bulan Dzulqo’dah dengan mengumpulkan hasil bumi yang didapatkan warga. Hal itu bertujuan, sebagai ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas desa yang subur, aman, dan sejahtera.

Baca juga: Ratusan Warga Berebut Keberkahan Tradisi Sedekah Bumi Desa Sidorekso Kudus

“Kebetulan Apitan ini bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila, kemudian kami gabungkan dengan sedekah bumi,” katanya.

Supriyanto menerangkan, terdapat 223 ambengan dan tiga gunungan disajikan dalam acara Apitan sedekah bumi. Setelah acara selesai, hasil bumi kemudian dikembalikan dan dinikmati dengan warga secara bersama-sama.

“Tadi ada gunung-gunungan ikan, itu hasil daripada bumi kita. Karena sudah tidak ada palawija dan adanya ikan, itu kita nikmati bersama warga,” terangnya.

Baca juga: Kirab Belasan Gunungan Semarakkan Sedekah Bumi Desa Ketitang Wetan Pati

Supriyanto berharap, tradisi sedekah bumi Apitan di Desa Sirodadi tidak punah dan terus lestasi. Terutama dengan syukuran itu, ia ingin wilayahnya dapat bangkit dari keterpurukan di tengah kondisi rob.

“Secara budaya jangan sampai tradisi yang diajarkan Sunan Kalijaga itu, tidak hilang karena ini baik. Semoga desa Sirodadi dapat bangkit dari keterpurukan,” pungkasnya.

Selain melakukan upacara hari lahir Pancasila dan Apitan sedekah bumi, masyarakat desa Sirodadi juga menggelar pagelaran wayang kulit yang diadakan saat malam hari.

Editor: Ahmad Muhlisin

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER