31 C
Kudus
Kamis, Februari 22, 2024

TMMD Reguler 2023, Kodim Kudus Betonisasi Jalan dan Rehab 2 RTLH di Desa Gulang

BETANEWS.ID, KUDUS – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116 Tahun 2023 Kodim 0722/Kudus mulai dilaksanakan di Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, Rabu (10/5/2023). Upacara pembukaan dilaksanakan di lapangan desa dan dibuka oleh Bupati Kudus Hartopo serta dihadiri Komandan Korem 073 Makutarama, Kolonel Inf Purnomosidi.

Komandan Korem 073 Makutarama, Kolonel Inf Purnomosidi menyampaikan TMMD ke-166 memiliki sasaran fisik dan nonfisik. Untuk sasaran fisik berupa betonisasi sepanjang 1.220 meter, lebar 3 meter dan tinggi 15 Sentimeter.

“Kemudian ada sasaran tambahan berupa renovasi dua rumah tidak layak huni (RTLH) dan renovasi poskamling. Sementara program TMMD di mulai dari hari ini hingga 8 Juni mendatang,” ujarnya kepada Betanews.id di Lapangan Desa Gulang.

Baca juga: Hartopo Sebut TMMD Sangat Membantu Pemkab Kudus dalam Pembangunan

Untuk sasaran nonfisik, lanjutnya, berupa penyuluhan radikalisme, terorisme dan galatkom, kamtibmas dan narkoba, bela negara dan wawasan kebangsaan, pembinaan UMKM, KB-Kes dan pemberdayaan masyarakat.

“Selain itu ada pembinaan mental dan keagamaan, sosialisasi stunting, penyuluhan pertanian, desa tanggap bencana, pelatihan keterampilan, penyuluhan kesehatan dan sanitasi. Sasaran nonfisik berupa penyuluhan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Kudus Hartopo sangat mengapresiasi program TMMD ini. Menurutnya, selama ini program TMMD mampu membantu percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat serta mendukung kegiatan perekonomian.

“TMMD berkontribusi besar dalam pemerataan pembangunan lewat sasaran fisik dan nonfisik. Ini bisa menggerakkan roda perekonomian masyarakat,” ucapnya saat menjadi inspektur upacara pembukaan TMMD ke-116 TA 2023.

Berbagai sasaran seperti betonisasi jalan dan pembinaan UMKM, dikatakan berdampak dalam menggerakkan perekonomian. Terlebih, pihaknya menilai Kecamatan Mejobo punya banyak potensi UMKM. Mulai dari pembuatan caping kalo, wayang kulit, batik, dan lain-lain. Diharapkan, nantinya produk UMKM lokal dapat menembus pasar nasional dan internasional.

Baca juga: Hartopo Sebut TMMD Sangat Membantu Pemkab Kudus dalam Pembangunan

“Sasaran pembinaan UMKM yang dilaksanakan TMMD bisa meningkatkan kompetensi pelaku UMKM untuk bersaing ke pasar yang lebih luas,” paparnya saat meninjau stan UMKM.

Hartopo yang hadir bersama Ketua TP PKK Kabupaten Kudus Mawar Hartopo juga mengapresiasi betonisasi sepanjang 1.220 meter oleh TMMD. Pembangunan itu dapat memudahkan akses masyarakat dalam kegiatan ekonomi.

“Saya yakin masyarakat sangat terbantu dengan betonisasi jalan dari TMMD. Mempermudah akses masyarakat,” lanjutnya.

Editor: Suwoko

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER