31 C
Kudus
Jumat, Juni 21, 2024

SMK Muhammadiyah Jekulo Kudus Gelar Pelatihan Cloud Computing

BETANEWS.ID, KUDUS – SMK Muhamamdiyah Jekulo Kudus menggelar pelatihan Cloud Computing AWS Technology Sagasitas Tech for Indonesia 2023 bagi guru dan siswa di Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Kegiatan yang berlangsung pada Senin hingga Rabu (21-24/5/2023), ini diinisiasi oleh Djarum Foundation bekerjasama dengan AWS (Amazon Web Service) serta iFORTE.

Kepala SMK Muhammadiyah Jekulo, Salim menjelaskan, pelatihan cloud computing yang digelar di ruang Laboratorium Komputer sekolahnya tersebut diikuti sebanyak 83 orang siswa kelas X dan XI dari Jurusan TKJ serta 3 orang guru pengajar.

Baca juga: Menteri Koperasi Kagum dengan Animasi Karya SMK RUS Binaan Djarum Foundation

-Advertisement-

Cloud computing adalah teknologi yang digunakan untuk bermacam-macam penggunaan, misalnya pencadangan data, pemulihan bencana, email, desktop virtual, pengembangan dan pengujian perangkat lunak, analitik big data, database server dan lain-lain,” kata Salim kepada Betanews.id melalui siaran rilisnya, Kamis (25/5/2023).

Tujuan pelatihan kata dia, yakni untuk meningkatkan dan menyiapkan SDM baik siswa maupun guru, khususnya dari kompetensi keahlian TKJ. Dengan belajar tentang cloud computing, mereka dapat menyelesaikan masalah secara cepat, aman dan terjangkau.

“Selain itu juga untuk mempelajari, sertifikasi AWS, robotics, IoT dan pengenalan teknologi artificial intelligence. Sehingga proyeksi ke depan lulusan jurusan TKJ SMK Muhammadiyah Jekulo tidak hanya mampu menguasai berbagai platform yang semakin banyak dibutuhkan di masyarakat,” tuturnya.

Baca juga: Sambangi SMK Al-Islam, Ketua Ekraf Kudus Ajak Generasi Muda Berani Berwirausaha

Dijelaskannya, kegiatan pelatihan ini nantinya akan berkesinambungan dengan beberapa kegiatan lain yang sudah dijadwalkan baik secara luring maupun daring. Kegiatan tersbeut antara lain hands-on dan penugasan project, pelatihan guru dan siswa tingkat lanjutan serta monitoring dan penilaian project siswa.

“Di akhir agenda kegiatan ini akan berikan penghargaan atau awarding ceremony, bagi para siswa dan guru peserta yang memenangkan atau menyelesaikan project yang diberikan melalui penilaian oleh tim juri,” tambahnya.

Editor: Suwoko

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER