31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

Capaian Lampaui Target, KPP Pratama Kudus Raih Peringkat 1 NKO Se-Jateng

BETANEWS.ID, KUDUS – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kudus belum lama ini telah menerima penghargaan peringkat satu Nilai Kinerja Organisasi (NKO) se-Jawa Tengah tahun 2022. Penghargaan tersebut didapatkan setelah KPP Pratama Kudus mengungguli 15 KPP Pratama dan 2 KPP Madya se-Jawa Tengah.

Kepala KPP Pratama Kudus yakni Andi Setijo Nugroho mengatakan, pihaknya telah menerima penghargaan dari Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) pada saat rapat koordinasi daerah (Rakorda) yang berlangsung di Tegal. Pihaknya mendapatkan NKO setelah melampaui target yakni tercapai 112,99 persen.

“Kan harus 100 persen itu, tapi kami telah melampaui target itu dari semua aspek prespektif nilai kinerja organisasi KPP Pratama Kudus tercapai 112,99 persen. Karena itu kami mendapatkan penghargaan ini,” beber Andi saat ditemui di kantornya, Senin (15/5/2023).

-Advertisement-

Baca juga: KPP Pratama Kudus Gelar Bazar, Coba Dekatkan UMKM dengan Petugas Pajak

Ia menjelaskan ketiga aspek memiliki 21 Indikator Kinerja Utama (IKU), 10 surat strategis, serta 4 prespektif yang terdiri dari stokeholder prespektif, customer prespektif, internal proses prespektif, serta learning dan growth prespektif. Menurutnya, ketiga aspek inilah yang kemudian muncul total NKO yang dicapai tersebut.

Penghargaan itu, kata Andi, disampaikan saat rapat koordinasi daerah pada 11 Mei 2023 lalu yang berlangsung di Tegal. Meski sudah menjadi yang terbaik se-Jawa Tengah, pihaknya akan terus berkomitmen dan tetap rendah hati, serta selalu berupaya melayani dengan baik.

Tak hanya itu, pihaknya juga mendapatkan penghargaan kepatuhan penyampaian SPT tahunan yang sudah tiga kali berturut-turut. Menurutnya, lebih dari 30 persen pencapaian kepatuhan penyampaian SPT tahunan dari target yang ditentukan di tahun 2022 lalu.

“Jadi 2022 KPP Pratama Kudus mempunyai target penyampaian SPT 45.619 dari wajib pajak pribadi maupun wajib pajak badan usaha. Namun realisasinya bisa mencapai 46.046, sehingga persentase mencapai 100,94 persen. Pencapaian ini sudah tiga tahun berturut-turut target selalu tercapai,” ungkapnya.

Baca juga: Kumpulkan Pajak Rp 613 M, Tahun Ini Realisasi Penerimaan KPP Pratama Kudus Lampui Target

Ia menuturkan, capaian target SPT tahunan KPP Pratama Kudus 2022 capai 46.046 wajib pajak. Total itu terdiri dari 2.955 wajib pajak badan usaha dan 43.091 wajib pajak pribadi. Dengan pencapaian tersebut didapatkan melalui sinergi dan bekerjasama dengan internal, jemput bola di setiap kecamatan untuk pribadi, himbauan dan spanduk.

“Sehingga dengan upaya tadi bisa mewujudkan capaian target kepatuhan penyampaian SPT tahunan,” ujarnya.

Andi mengimbau, agar setiap wajib pajak selalu berkontribusi, dengan mengisi SPT dengan jujur sesuai dengan apa yang ada di lapangan.

Editor: Suwoko

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER