31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

Selama Ramadan, Baznas Jepara Kumpulkan ZIS Rp58,3 Juta dari Anggota Korpri

BETANEWS.ID, JEPARA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kabupaten Jepara menerima zakat, infak, dan sedekah (ZIS) mencapai Rp58,3 Juta pada Ramadan ini. Ketua Panitia pengumpulan ZIS, Akhmad Junaidi, menyebut, zakat tersebut berasal dari anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri).

Zakat dan sedekah dikumpulkan melalui pengiriman surat edaran ke unit-unit Korpri. Sedangkan infak dikumpulkan melalui kegiatan tarawih keliling (tarling) Korpri selama Ramadan 1444 Hijriah. Zakat tersebut nantinya akan disalurkan dalam bentuk 152 paket beras masing-masing 2,5 kilogram, serta 714 amplop hasil infak dan sedekah masing-masing Rp75 ribu. Bantuan itu akan disalurkan melalui 29 dinas/instansi serta kepada delapan asnaf yang berhak atas dana tersebut.

“Tahun ini tarling Korpri hanya kami gelar 6 kali, tapi hasilnya malah 2 kali lipat dibanding tahun sebelumnya, mencapai Rp16,8 juta,” katanya saat ditemui di kantornya, Senin (17/4/2023).

-Advertisement-

Baca juga: Difabel Terlantar hingga Anak ODHA Terima Bantuan dari Pemkab Jepara

Hasil tersebut kemudian ditambah dengan Rp42,5 juta hasil yang dihimpun dari edaran zakat dan sedekah, sehingga total yang disalurkan menjadi Rp58,3 juta.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko, mengapresiasi para aparatur sipil negara (ASN) di Jepara yang rutin menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui Baznas Jepara.

Apresiasi itu dia sampaikan di sela penyerahan simbolis zakat fitrah, infak, dan sedekah (ZIS) dari para anggota Korpri Jepara yang selama bulan Ramadan 1444 Hijriah yang berlangsung di Gedung Shima Jepara.

“Terima kasih. Berapapun besarnya, yang penting ikhlas,” kata Sekda Edy Sujatmiko yang juga Ketua Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Jepara.

Baca juga: Pastikan Stok Kepokmas Aman Jelang Lebaran, PJ Bupati Jepara Tetep Minta Warga Tak Lakukan Ini

Di luar ZIS yang dihimpun mengiringi momentum bulan Ramadan, jajaran ASN di Jepara memberi kontribusi terbesar pada ZIS yang dihimpun Baznas Kabupaten Jepara setiap tahun.

Berdasarkan data sepanjang tahun 2021, dana yang dihimpun Baznas mencapai Rp3,47 miliar. Tahun 2022 naik signifikan ke angka Rp6,347 miliar. Sedangkan tahun ini, hingga bulan Maret telah terhimpun Rp1,25 miliar.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER