31 C
Kudus
Senin, Mei 27, 2024

Sebanyak 36 SD dan 6 SMP Negeri di Kudus Tak Punya Kepala Sekolah

BETANEWS.ID, KUDUS – Kepala Dinas Penidikan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Harjuna Widada mengungkap ada puluhan Sekolah Dasar (SD) Negeri di Kabupaten Kudus saat ini tanpa kepala sekolah. Jabatan kepala sekolah di SD tersebut saat ini dijabat kepala sekolah defintif.

“Saat ini memang ada puluhan SD Negeri di Kudus yang tanpa kepala sekolah. Tak hanya SD Negeri, beberapa SMP Negeri juga ada beberapa yang kosong,” ujar pria yang akrab disapa Herdjuno kepada awak media di kantor Disdikpora Kudus, Rabu (12/4/2023).

Baca juga: Perda Penyelanggaraan Pendidikan Diharapkan Mampu Akomodir Semua Kepentingan Pendidikan di Kudus

-Advertisement-

Analis Sumberdaya Manusia dan Ahli Muda Disdikpora Kudus, Ani Susmadi Lestari menambahkan, total sekolah SD Negeri di Kudus ada 397. Dari jumlah tersebut, yang kepala sekolahnya kosong ada 36 SD.

“Sedangkan SMP Negeri di Kudus saat ini ada 27, yang tak ada jabatan kepala sekolahnya ada enam SMP,” ujar Ani.

Menyikapi banyaknya jabatan kepala sekolah yang kosong di Kabupaten Kudus, tahun ini pihaknya akan melaksanaka ujian seleksi pengisian kepala sekolah. Seleksi akan dilaksanakan pada bulan Mei 2023.

“Tentu kami akan melakukan ujian seleksi pengisian kepala sekolah untuk SD dan SMP. Semoga saja banyak yang minat dan memenuhi syarat,” harapnya.

Baca juga: DPRD Kudus Perjuangkan TKGS Masuk Dalam Ranperda Penyelenggaraan Pendidikan

Dia mengatakan, ada beberapa persyaratakan agar guru bisa ikut seleksi jadi kepala sekolah. Di antaranya, guru yang memiliki kualifikasi akademik paling rendah sarjana (S1) atau D4 dari perguruan tinggi dan program studi yang terakreditasi.

“Selain itu memiliki sertifikat pendidik, memiliki Sertifikat Guru Penggerak, memiliki pangkat paling rendah penata muda tingkat I, golongan ruang III/b bagi Guru yang berstatus sebagai PNS dan ada beberapa persyaratan lainya sesuai Permendikbud nomor 40 tahun 2021,” jelasnya.

Editor: Suwoko

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER