31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

Reno, Alumni Safin Pati Jalani Trial di Spanyol

BETANEWS.ID, PATI – Raynata Adi Gautana Setyawan atau akrab disapa Reno, Alumni Safin Pati Sports School saat ini tengah berjuang dengan menjalani trial di tim Spanyol, FC Malaga City Academy U-17.

FC Malaga City Academy memang bukan akademi klub raksasa seperti La Masia. Namun hal itu tetap bisa menjadi batu pijakan untuk kesempatan berkarir di sepak bola kancah Eropa, karena memang tidak mudah menembus akademi di klub ternama di Benua Biru itu.

Reno baru menjalani trial sekitar dua pekan atau sejak pertengahan Maret 2023. Rencananya, striker muda dengan tinggi badan 182 cm kelahiran Malang, 13 Maret 2007 itu akan menjalani trial di Negeri Matador hingga 15 April mendatang.

-Advertisement-

Baca juga: Gairahkan Sepak Bola di Pati, Puluhan PS Dikucuri Bantuan

“Awalnya, saya buka-buka website dan sosmed tim FC Malaga City Academy. Di sana ada link untuk apply proses pemantauan atau scoutingnya. Saya coba isi data-data Reno juga CV-nya. Termasuk juga tentu catatan dari Safin Pati Sports School dan Persija Academy,” kata Indra Setyawan, ayah Reno, Sabtu (1/4/2023).

Sempat menyangka gagal karena lama tidak direspons oleh pihak FC Malaga City Academy, namun akhirnya kabar gembira itu datang.

“Ada request dari Akademi Malaga untuk mengirimkan video terbaru, yakni 3 bulan terakhir Reno. Kebetulan Reno baru saja selesai menjalani ajang Elite Pro Academy (EPA) bersama tim Persija Jakarta U-16. Juga highlight saat dia mencetak gol kita lampirkan,” imbuhnya.

Ternyata kemudian respons positif datang dan Reno dipanggil oleh Akademi Malaga. “Sebenarnya Reno dipanggil untuk trial pada Januari 2023 lalu. Namun karena usianya belum genap 16 tahun, maka akhirnya menunggu sampai dia ulang tahun ke-16 pada 13 Maret, dan dua hari kemudian langsung terbang ke Spanyol,” ucapnya lagi.

Untuk proses adaptasi, dia menyebut memang harus berjuang lebih. Khususnya perbedaan cuaca di sana. Saat siang hari suhunya sekitar 16-20 derajat celcius. Hal ini sangat berbeda dengan kondisi cuaca di Indonesia yang rata-rata 30-an derajat celcius.

Begitu juga masalah adaptasi makanan yang disebutnya tidak ada kendala berarti karena meski tanpa nasi sama sekali, Reno sudah cukup akrab dengan makanan-makanan yang ada di Spanyol.

Baca juga: Haryanto Berharap Persipa Mampu Naik Kasta

“Rencananya setelah 15 April mendatang, dia kembali ke Indonesia sambil menunggu evaluasi dari pihak Akademi Malaga. Namun dari pembicaraan dengan Reno, terselip peluang perpanjangan dengan pola beasiswa selama 10 bulan. Mudah-mudahan saja ini dapat terwujud,” ujarnya.

Untuk karir ke depannya, ia tidak pernah membebani Reno dengan target tertentu. Kalaupun menjadi pemain profesional adalah pilihan Reno, ia sebagai orang tua hanya bisa mendukung dan mendoakan agar sukses dengan pilihanya.

Dia meyakini ada banyak hal positif dalam sepakbola yang bisa diambil untuk kehidupan sang buah hati ke depan. “Mulai dari kemandirian, sportivitas hingga juga wawasan luas yang bisa didapat dari sepakbola,” tuturnya.

Editor: Suwoko

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER