31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Pemkab Kudus Minta Buruh Melapor Jika Tak Dapat THR, Hartopo: ‘WA Saya Cukup’

BETANEWS.ID, KUDUS – Bupati Kudus Hartopo meminta kepada pihak perusahaan di Kota Kretek untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri sesuai anjuran Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Menurutnya, THR merupakan hak para pekerja yang harus dibayar.

“THR itu kan hak buruh. Saya mengimbau agar seluruh perusahaan di Kudus untuk segera memberikannya,” ujar Bupati Kudus Hartopo kepada Betanews.id usai pembukaan lomba desa di Desa Ngembalrejo, Kecamatan Bae, Selasa (4/4/2023).

Pemkab Kudus, kata dia, akan membuka diri jika ada buruh yang tak mendapatkan THR dari perusahaan tempat mereka bekerja. Aduan bisa dilakukan melalui Disnakerperinkop dan UKM atau bisa langsung menghubungi dirinya.

-Advertisement-

Baca juga: Begini Cara Melapor Persoalan THR 2023 ke Pemprov Jateng

“Kalau ada buruh yang tak dipenuhi haknya bisa langsung mengadu ke saya atau ke Disnaker. Lewat WA (watshap) sudah cukup,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Disnakerperinkop dan UKM Kabupaten Kudus yakni Rini Kartika Hadi Ahmawati mengatakan, di Kudus kurang lebih ada 950 perusahaan. Terdiri dari perusahaan skala kecil, menengah dan besar.

“Dari jumlah tersebut ada 100 perusahaan yang kita pantau. Sebab, tidak mungkin kita pantau semua,” ujar perempuan yang akrab Rini di halaman Balai Desa Ngembalrejo, Selasa (4/4/2023).

Pemantauan terhadap perusahaan di Kudus, lanjut Rini bertujuan agar tak ada THR yang dicicil apalagi tak dibayarkan. Sebab, pada tahun lalu hampir ada satu perusahaan yang akan mencicil THR.

Baca juga: Hartopo Minta Perusahaan di Kudus Bagikan THR Secara Utuh, Bukan Dicicil

“Tapi, setelah kami lakukan pantauan dan pembinaan akhirnya THR tak jadi dicicil. Tahun ini kita lakukan hal yang sama. Kami juga sudah memberikan surat edaran kepada seluruh perusahaa agar membayar THR kepada para pekerja maksimal H-7 lebaran,” bebernya.

Sebagai antisipasi adanya buruh yang tak diberikan THR oleh Perusahaan, pihak Disnakerperinkop dan UKM Kudus akan membuka layanan aduan H-10 lebaran. Buruh yang tak diberi THR oleh perusahaannya bisa mengadu ke nomor 0895-4000-0070.

Editor: Suwoko

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER