31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Meski Masih Kesulitan, Faiz Targetkan Bisa Khatam Alquran Braille Pada Ramadan Ini

BETANEWS.ID, SOLO – Tangan terampil Ahmad Faizun (26) tampak teliti meraba Alquran Braille untuk membacanya. Dengan meraba, ayat-ayat suci itu ia lantunkan dengan suara agak pelan.

Meski memiliki keterbatasan pada penglihatan, Faiz tetap semangat untuk mempelajari ayat-ayat Alquran. Pemuda asal Kebumen itu saat ini belajar di Rumah Pelayanan Sosial (RPS) Disabilitas Netra Bhakti Candrasa Surakarta.

Di sana, warga dengan keterbatasan tunanetra mempelajari banyak hal. Selain pada jam pembelajaran, tadarus Alquran dengan menggunakan Alquran braille juga rutin dilaksanakan selepas salat zuhur.

-Advertisement-

Baca juga: Meski Punya Keterbatasan, Warga Tunanetra di Solo Tetap Semangat Belajar Baca Alquran Braille

Bukan sesuatu yang mudah bagi Faiz untuk bisa mempelajari metode membaca Alquran braille. Sebab, huruf dan simbol yang ada di buku braille biasa dengan Alquran memiliki benerapa hal yang berbeda.

“Kalau braille itu bacanya dari kiri jadi kaya braille latin maupun dari arab itu dari kiri. Nanti di situ juga ada kombinasi antara huruf hijaiyah dan harakatnya, ya sama lah seperti baca Alquran biasanya, cuma harakatnya kan ada simbol tertentu juga,” ujar Faiz kepada Betanews.id, Sabtu (1/3/2023).

Faiz mengaku sudah mempelajari teknik membaca menggunakan braille sejak masih duduk di Sekolah Dasar (SD) di Sekolah Luar Biasa (SLB)-nya dulu.

“Jadi saya di sini (RPS Bhakti Chandrasa) istilahnya melancarkan, tapi kalau untuk modal awal saya dulu di SD waktu kisaran tahun 2005-an,” katanya.

Awalnya, Faiz mengaku kesulitan mempelajari Alquran braille, sebab ada simbol-simbol atau tanda baca yang berbeda dengan bacaan braille biasa.

Baca juga: Santri Lansia dari Berbagai Daerah Ikuti Pesantren Ramadan di Masjid Agung Demak

“Sebenarnya agak lama juag (dapat lancar membaca Al-Quran braille) kisaran 1-2 tahunan. Karena SD kelas 1-2 itu istilahnya baru paham huruf biasa. Nah setelah paham biasa penyesuaiannya itu tadi. Pelan-pelan huruf hijaiyah, sama harakatnya itu,” kata dia.

Sudah hampir dua tahun Faiz belajar di RPS Disabilitas Netra Bhakti Candrasa Surakarta. Selain pada jam pelajaran, Faiz nuga belajar membaca Alquran Braille setelah salat zuhur dan malam hari. Pada Ramadan ini, pemuda itu juga ingin menkhatamkan Alquran.

InsyaAllah target paling nggak (khatam Al-Quran) 1 kali dulu sampai juz 30, karena juga masih belajar,” ujarnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER