31 C
Kudus
Rabu, Februari 28, 2024

Ganjar Lepas Keberangkatan 10.328 Warga Jateng Peserta Mudik Gratis dari TMII Jakarta

BETANEWS.ID, JAKARTA – Suasana ceria tampak tersirat di wajah warga Jawa Tengah yang akan berangkat mudik dari ke Lapangan Museum Mandhala Bhakti Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, Senin (17/4/2023). Sebanyak 10.328 warga Jateng yang sehari-hari bekerja di Jabodetabek itu mengikuti mudik gratis yang difasilitasi oleh Pemprov Jateng.

Yang spesial, keberangkatan mereka menuju kampung halaman masing-masing dilepas secara langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Kehadiran Ganjar itu sontak membuat suasana makin meriah. Sejak masuk area TMII, dirinya langsung langsung dikerumuni warga. Selain bersalaman dan foto bersama, mereka juga mengucapkan terima kasih.

Ganjar pun berdialog dengan sejumlah peserta mudik gratis dan juga sopir bus yang akan mengantar para pemudik ke tujuan. Kepada mereka semua, Ganjar berpesan supaya berhati-hati selama perjalanan. Dia juga menitipkan salam kepada keluarga peserta mudik di masing-masing kampung halaman.

Baca juga: 1.100 Peserta Mudik Gratis Tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Dapat Kejutan Dari Ganjar

“Ini bagian dari kontribusi, tidak terlalu banyak dari kami, tapi bisa menyenangkan masyarakat. Saya tadi ngobrol dengan mereka, dan rasa-rasanya saya lihat wajahnya semua semringah. Tentu kami ikut bahagia,” kata Ganjar.

Sebanyak 212 bus dikerahkan untuk mengangkut para pemudik hari ini. Mereka akan diantar ke sejumlah daerah di Jateng, antara lain Solo Raya, Semarang Raya, Pekalongan Raya, Kedu Raya, Pati Raya, dan Banyumas Raya.

“Ke semua daerah ada, karena mudik kali ini partisipasi dari banyak pihak. Ada dari Pemprov Jateng, Bupati/Wali Kota, Bank Jateng, Jasa Raharja, RS Moewardi dan banyak lainnya,” jelasnya.

Selain melepas keberangkatan pemudik dari Jabodetabek, Ganjar juga akan melepas pemudik via kereta api dari Jakarta, besok Selasa (18/4/2023) pagi.

Usai melepas para pemudi dari jabodetabek, pada sore ini, Ganjar akan bertolak ke Bandung untuk melepas pemudik dari Jawa Barat.

Baca juga: Ganjar Soroti Pasar Tumpah yang Sering Bikin Macet Saat Arus Mudik Lebaran

“Nanti sore saya ke Jawa Barat melepas pemudik dari sana. Kemarin yang dari Medan, Sumatera Selatan dan Lampung sudah kita lepas dan berangkat juga. Ada juga yang menggunakan kapal laut juga sudah datang, jadi semua matra kami optimalkan,” jelasnya.

Seorang peserta mudik asal Boyolali, Dewi Ratnasari (31) mengaku sangat senang dengan program mudik gratis ini. Jika tidak ada program mudik gratis, dia tidak akan mungkin bisa merayakan Lebaran di kampung bersama seluruh anggota keluarga.

“Bayangkan saja, satu tiket menuju Boyolali seharga Rp500.000. Jika saya berlima, maka ongkos yang harus dikeluarkan untuk tiket saja Rp2.500.000. Belum makan dan lainnya, sangu untuk bapak ibu dan keluarga di kampung. Wah berat, Mas. Makanya saya selalu ikut mudik gratis ini,” jelasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER