31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Ekonomi Jateng di Triwulan IV 2022 Tumbuh 5,24 Persen, Lebih Baik dari Nasional

BETANEWS.ID, SEMARANG – Badan Pusat Statistik (BPS) merilis perekonomian Jawa Tengah pada Triwulan IV (Oktober-Desember) 2022 tumbuh 5,24 persen secara tahunan (Year on Year). Angka ini lebih baik dibanding perekonomian nasional yang tumbuh 5,01 persen.

Kepala BPS Jateng Adhi Wiriana menjelaskan, jika diukur berdasarkan cumulative to cumulative (c to c/Januari-Desember 2022), perekonomian Jateng tumbuh 5,31 persen. Pertumbuhan tersebut patut disyukuri karena selaras dengan pertumbuhan ekonomi di Pulau Jawa dan secara nasional.

Jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya, ekonomi Jateng tumbuh 0,63 persen. Hal ini didasari karena panen atas beberapa komoditas buah seperti durian atau rambutan.

-Advertisement-

Baca juga: Ganjar Optimistis Bisa Tuntaskan Kemiskinan Ekstrem di Jateng Pada 2024

“Ini kondisi pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah yang relatif angkanya moderat. Karena c to c sama dengan nasional dan Pulau Jawa, sementara y on y lebih baik dibandingkan nasional, demikian q to q lebih baik dibanding nasional,” paparnya melalui rilis daring, Senin (6/3/2023).

Adhi menjelaskan, ada beberapa hal yang menyokong pertumbuhan ekonomi di Jateng, di antaranya, sektor jasa yang tumbuh kuat di periode ini. Sebagai contoh tingkat pengisian kamar, baik berbintang maupun nonbintang, yang meningkat 9,35 persen dibanding triwulan sebelumnya.

Baca juga: Angka Kematian Ibu dan Bayi di Jateng Turun Tajam, di Bawah Angka Nasional

Selain itu, penumpang moda transportasi yang mengalami peningkatan. Di sektor kereta api, penumpang naik 107,77 dibanding Triwulan IV 2021. Selain itu, lalu lalang penggunaan mobil pribadi melewati tol meningkat 4,5 persen dibanding Triwulan III 2022.

“Selan sektor jasa, pertumbuhan ekonomi Jateng juga disokong permintaan pasar domestik dan internasional. Data ekspor produk pengolahan di Jawa Tengah menunjukan peningkatan 2,48 persen. Di samping itu, realisasi belanja pemerintah yang lebih tinggi dibanding triwulan sebelumnya,” beber dia.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER