31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Ganjar Optimistis Bisa Tuntaskan Kemiskinan Ekstrem di Jateng Pada 2024

BETANEWS.ID, MAGELANG – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo optimistis problem kemiskinan ekstrem di wilayahnya tuntas pada 2024. Untuk itu, dia meminta pendataan dilakukan secara optimal agar pengentasan kemiskinan ekstrem bisa dilakukan dengan cepat.

“Optimis lah kalau saya melihat kades saja punya ghiroh (semangat) untuk memperbaiki data, verifikasi, validasi sampai kemudian dia (para kades) memperbaiki. Itu yang bikin saya optimis,” ujar Ganjar saat rapat koordinasi percepatan pengentasan kemiskinan di Magelang, Kebumen, dan Purworejo di Balai Desa Donorojo, Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Selasa (31/1/2023).

Semangat para kades tersebut, lanjut Ganjar, perlu didukung camat masing-masing dengan memberikan laporan tiap minggu sebagai bahan analisa dan evaluasi.

Baca juga: Ganjar Izinkan Kades Gunakan Bantuan Pemprov untuk Tangani Kemiskinan Ekstrem

“Agar bisa melaksanakan itu teman-teman camat kita minta untuk jadi supervisor, tiap minggu kita laporkan, maka tiap minggu akan kita analisis dan sehingga nanti kita akan terjun,” tuturnya.

Ganjar juga akan mengajak perguruan tinggi untuk ikut menindaklanjuti di lapangan secara langsung.

“Nah, perguruan tinggi akan kita libatkan. Contohnya, hari ini UGM nanti yang barat bisa Unsoed dan kalau swasta ada UMP, sekitar Solo Raya ada UMS dan UNS. Untuk Semarang Raya banyak, bisa kita dorong. Untuk target pengentasan kemiskinan habis di 2024,” tegas Ganjar.

Baca juga: Ganjar Dorong Kades dan Camat Aktif Lobi Perusahaan untuk Bantu Tangani Kemiskinan Ekstrem

Selain itu, Ganjar juga fokus pada penanganan stunting. Pada kesempatan itu, Ganjar melaunching program asupan gizi dengan beras fortifikasi. Beras fortifikasi adalah beras yang diperkaya dengan zat gizi mikro tambahan. Kandungan nutrisi di dalam beras fortifikasi yakni vitamin A, B1, B3, B12, B9 (asam folat), zat besi, dan zinc.

“Inilah asupan gizi yang coba kita bantu kerja sama dengan bank jateng, UGM sama Pemprov. Ini launching, Magelang jadi percontohan. Nanti juga ada Purbalingga dan Brebes,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER