31 C
Kudus
Kamis, Februari 22, 2024

Jadi Biang Banjir, Sungai Wulan Akan Dinormalisasi dengan Anggaran Rp 1,4 Triliun

BETANEWS.ID, KUDUS – Sedimentasi Sungai Wulan selama ini dianggap jadi biang bencana banjir di Kabupaten Kudus dan sekitarnya. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimoeljono berjanji akan segera menormalisasi Sungai Wulan.

Basuki mengatakan, sedimentasi di Sungai Wulan bisa dikatakan sebagai penyebab utama bencana banjir di Kabupaten Kudus. Oleh karenanya tahun ini, sungai tersebut akan dinormalisasi sepanjang 47 kilometer.

“Sungai Wulan akan segera kita normalisasi sepanjang 47 kilometer. Ini sudah proses tender dengan estimasi anggaran kira-kira Rp 1,4 triliun,” ujar pria yang akrab disapa Basuki usai meninjau pompa polder di Dukuh Tanggulangin, Desa Jati Wetan, Kudus.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimoeljono saat berkunjung ke Kudus. Foto: Rabu Sipan.

Baca juga: Tahun Ini Tak Ada Anggaran Peninggian Tanggul dan Normalisasi Sungai, Bagaimana Nasib Kudus?

Selain Sungai Wulan, kata dia, Sungai Serang Wulan Drainase 1 (SWD1) dan Sungai Serang Wulan Drainase 2 (SWD2) juga akan dinormalisasi. SWD 1 sudah dikerjakan sepanjang 10 kilometer.

“Untuk SWD 2 akan dinormalisasi sepanjang 23 kilometer. Saat ini, pengerjaan normalisasi di SWD 2 sudah mencapai tujuh kilometer,” bebernya.

Dia mengaku, tahu rata-rata sedimentasi di Sungai Wulan. Sejak tahun 2020 hingga 2022, pihaknya sudah melakukan pengerjaan normalisasi Sungai Wulan.

“Sejak 2020 sudah kita normalisasi Sungai Wulan dan akan kita lanjutkan lagi di tahun ini,” tandasnya.

Untuk menangani banjir di Kudus, selain Normalisasi Sungai Wulan, Basuki juga akan mengganti pompa polder di Dukuh Tanggulangin. Pompa polder milik Pemkab Kudus itu akan dibongkar dan diganti dengan pompa yang kapasitasnya lebih besar, yakni 5.000 liter per menit.

“Semoga dengan mengganti pompa polder dan normalisasi Sungai Wulan, Kudus tak lagi banjir,” katanya.

Dihubungi terpisah, Camat Kaliwungu Satria Agus Himawan merespons positif terkait rencana Kementerian PUPR yang akan normalisasi Sungai Wulan. Sebab, banjir sudah jadi langganan tiap tahun di beberapa desa di Kecamatan Kaliwungu.

Baca juga: Menteri PUPR Akan Upgrade Pompa Polder Milik Pemkab, Basuki: ‘Malu Saya, Kalau Warga Kudus Masih Kebanjiran’

“Setiap debit air Sungai Wulan mencapai 700 kubik per detik pasti akan melimpas ke SWD1. Jika SWD1 tak lagi bisa menampung, maka air akan melimpas ke persawahan dan pemukiman warga,” ujarnya.

Dia pun berharap, setelah dinormalisasi nantinya juga ditindak lanjuti dengan perawatan rutin terhadap Sungai Wulan. Agar sedimentasi tidak sampai mengakibatkan banjir.

“Tidak hanya normalisasi. Namun, nantinya harus ada perawatan rutin sungai, agar sedimentasinya tidak mengakibatkan air melimpas dan menyebabkan banjir,” harapnya.

Editor: Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER