31 C
Kudus
Sabtu, Februari 4, 2023
BerandaKUDUSDua Pekan Terendam...

Dua Pekan Terendam Banjir, 3.486 Hektare Tanaman Padi di Kudus Terancam Puso

BETANEWS.ID, KUDUS – Dua pekan sudah bencana banjir melanda Kabupaten Kudus. Tak hanya menggenangi permukiman warga, banjir juga merendam ribuan hektare tanaman padi. Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kudus, Didik Tri Prasetyo, banjir telah menggenangi sekitar 3.705 hektare tanaman padi.

“Tanaman padi yang terendam banjir tersebar di lima kecamatan, yaitu Undaan, Mejobo, Kaliwungu, Jati, dan Jekulo. Yang paling banyak terdapat di Kecamatan Undaan dengan luas 2.264 hektare,” ujar Didik ketika ditemui di kantornya, Kamis (12/1/2023).

“Untuk tanaman padi yang terendam banjir di Kecamatan Mejobo ada 304 hektare, Kaliwungu 403 hektare, Jati 147 hektare, dan Jekulo 587 hektare,” tambahnya.

Baca juga: Ratusan Hektare Tanaman Padi di Undaan Lor Gagal Panen Gegara Banjir, Kerugian Capai Rp 2,5 Miliar

Dia mengungkapkan, umur tanaman padi yang terendam banjir berkisar satu hingga 120 hari setelah tanam (HST). Semetara ketinggian banjir antara 20 centimeter sampai satu meter.

“Sudah dua pekan banjir merendam ribuan hektare tanaman padi di Kudus. Dari total 3.705 hektare tanaman padi yang terendam banjir, sebanyak 3.486 hektare mengalami puso,” bebernya.

Dia mengungkapkan, banjir yang terjadi ini dikarenaka intensitas curah hujan yang tinggi, sementara sungai banyak terjadi sedimentasi, sehingga tak mampu menampung debit air dan kemudian melimpas membanjiri area persawahan.

“Harapan kami, sungai-sungai yang ada itu dinormalisasi. Serta kalau bisa juga dibangunkan embung untuk daerah-daerah cekungan, sehingga area pertanian tak akan lagi kebanjiran,” harap Didik.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
100,000PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler