31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Dari 290 Ribu Warga Miskin di Brebes, 28.395 Orang Masuk Kategori Miskin Ekstrem

BETANEWS.ID, BREBES – Angka kemiskinan di Brebes turun sebesar 1,38 persen dibanding tahun 2021. Tahun lalu angka kemiskinan Brebes jadi 16,05 persen dari sebelumnya 17 persen lebih. Berdasarkan data Pemerintah Kabupaten Brebes, saat ini ada sekitar 290.000 waraga yang masuk kategori miskin. Dari data itu, ada 28.395 orang masuk kategori miskina ekstrem.

Melihat perkembangan positif ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta pengelolaan atau program untuk penurunan angka kemiskinan terus dilakukan. Program yang sudah terbukti baik diminta dilanjutkan dan dilakukan percepatan.

“Bu Idza dengan Pak Narjo kemarin konsepnya sudah bagus. Sekarang tinggal kita lakukan percepatan. Maka saya mintakan udah deh lima kecamatan yang ekstrem itu kita dampingi. Apakah nanti camat, apakah nanti kepala dinas secara khusus,” katanya.

Baca juga: Tak Ingin Ada Lagi Tumpang Tindih Data Kemiskinan, Ganjar Dorong Dinas Sosial Buat Aplikasi

Lima kecamatan yang dimaksud Ganjar adalah Kecamatan Losari, Ketanggungan, Larangan, Bulakamba, dan Bantarkawung. Di lima kecamatan itu, angka kemiskinan ekstrem masih cukup tinggi.

“Maka dengan cara klasifikasi itu harapan kita akan ketahuan ini desil satu dua-nya yang mana, desil tiga empat-nya yang mana. maka treatment-nya akan berbeda-beda, maka itu bisa lebih cepat. Kalau perlu contoh Boyolali yang bagus verifikasi dan validasi datanya,” imbuhnya.

Baca juga: Ganjar Akan Bangun 15 Ribu Rumah untuk Warga Miskin di 2023, Setiap Rumah Dapat Rp20 Juta

Ganjar yakin, upaya penurunan angka kemiskinan di Brebes akan semakin mudah dengan kepemimpinan Pj Bupati saat ini. Sebab selain tak ada kepentingan politik, pemerintah provinsi bisa melakukan intervensi.

“Karena Pak Urip ini Pj dari provinsi kan sudah kita tanya nggak ada kepentingan politiknya, sehingga lebih pada pekerjaan-pekerjaan teknokratis yang tidak akan terganggu dengan urusan-urusan kepentingan politik karena beliau birokrat, karir memang. Dan nanti kita bantu,” jelas dia.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER