31 C
Kudus
Sabtu, Februari 4, 2023
BerandaKUDUSWarga Kudus Geruduk...

Warga Kudus Geruduk Toko Elektronik untuk Beli STB Usai Siaran TV Analog Dimatikan

BETANEWS.ID, KUDUS – Siaran televisi analog di Kabupaten Kudus dimatikan tadi malam atau Sabtu (3/12/2022) pukul 00:00 WIB. Hal itu pun seolah jadi berkah bagi toko yang menjual set top box (STB). Sebab, setelah siaran televisi analog dimatikan dan supaya televisi bisa menangkap sinyal siaran, syaratnya adalah dengan menggunakan STB.

Sehingga warga pun kemudian berbondong-bondong ke toko yang menjual STB. Satu di antara toko yang jadi jujugan pembelian STB adalah toko BK Elektric. Bahkan pagi tadi hanya dengan waktu dua jam, toko yang berada di tepi timur Jalan Kudus-Colo, Desa Cendono, Kecamatan Dawe, itu sudah mampu menjual 80 unit STB.

Warga membeli set top box di Toko BK Elektric. Foto: Rabu Sipan.

Baca juga: Siaran TV Analog Dimatikan, Harga STB di Kudus Naik Gila-gilaan

“Pagi ini banyak warga yang membeli STB. Hingga saat ini STB yang sudah terjual sekitar dua koli atau 80 unit,” ujar pemilik Toko BK Elektric Oen Toeng Soebathi kepada Betanews.id, ketika ditemui di tokonya.

Ketika dilakukan wawancara dan Oen Toeng mengatakan sudah menjual 80 unit, waktu menunjukan pukul 10:00 WIB. Sementara, ia mengaku tokonya mulai buka pada pukul 8:00 WIB. Artinya dalam waktu dua jam 80 unit STB sudah terjual. Sementara warga yang antri untuk membeli STB pun masih banyak dan terus berdatangan.

“Jika nanti kehabisan bagus dong, berarti penjualan laris. Namun, untuk mengantisipasinya saya sudah menghubungi beberapa sales untuk minta dikirim STB lagi. Soalnya yang beli terus berdatangan,” bebernya.

Sebenarnya, kata Oen Toeng, STB mulai banyak dicari warga sejak sebulan yang lalu. Ketika siaran televisi analog di Jakarta, Bogor, Tangerang, Depak dan Bekasi (Jabodetabek) dimatikan.

Baca juga: Digempur TV Digital, Penjualan TV Analog di Kudus Terjun Bebas hingga 50 Persen

“Sejak sebulan lalu penjualan STB sudah meningkat, tapi datangnya pembeli itu bergantian dan ada jedaya. Kalau hari ini kan, pembeli datangnya bersamaan dan gemruduk,” ungkapnya.

Di tokonya, tutur Oen Toeng, menyediakan berbagai merk STB. Antara lain ada Luby, Evercross, Matrix, Sogo, Pioline, Polytron dan lainnya.

“Hampir semua merek STB di toko saya ada. Untuk harga berkisar antara Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu per unit. Tergantung merek dan tipe,” jelasnya.

Editor: Kholistiono

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
100,000PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler