31 C
Kudus
Sabtu, Februari 4, 2023
BerandaKUDUSDPRD Kudus Soroti...

DPRD Kudus Soroti Banyaknya Perda yang Belum Ada Perbupnya

BETANEWS.ID, KUDUS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menyoroti kinerja Pemerintah Kabupaten Kudus terkait ada puluhan peraturan daerah (Perda) yang sudah disahkan, tapi hingga kini tak kunjung dibuatkan Peraturan Bupati (Perbup).

Sorotan lambatnya Pemkab Kudus dalam membuat Perbup tersebut diungkapkan oleh beberapa fraksi yang ada di DPRD Kudus dalam Rapat Paripurna dengan agenda pandangan umum fraksi-fraksi terhadap usulan delapan Ranperda Prakarsa DPRD Kudus tahun 2022. Rapat Paripurna itu sendiri dipimpin oleh Wakil DPRD Kudus Mukhasiron.

Rapat Paripurna dengan agenda pandangan umum fraksi-fraksi terhadap usulan delapan Ranperda Prakarsa DPRD Kudus tahun 2022. Foto: Rabu Sipan.

Baca juga: Setelah Tahun Lalu Gagal, PKB Desak Perda Pesantren di Kudus Segera Disahkan Tahun Ini

Usai rapat, Mukhasiron mengatakan, hingga saat ini ada 22 Perda yang belum di-perbupkan. Padahal pengesahan perda itu sudah cukup lama.

“Memang beberapa fraksi tadi menyoroti banyaknya Perda yang sudah disahkan tapi belum juga dibuat perbupnya. Sampai saat ini jumlah perda yang belum diperbupkan itu ada 22,” ujar Mukhasiron kepada awak media, Senin (5/12/2022).

Salah satu perda yang belum diperbupkan yakni Perda Karakter. Menurutnya, Perda Karakter itu sudah cukup lama dibahas dan diputuskan. Namun, nyatanya sampai saat ini belum juga diperbupkan.

“Tentunya nanti pimpinan DPRD Kudus akan mengambil sikap terkait hal itu. Kita akan menyurati Bupati Kudus kira-kira apa kendalanya, sehingga sampai saat ini banyak perda yang belum diperbupkan,” tandasnya.

Baca juga: DPRD Kudus Segera Bahas Raperda CSR

Dia mengungkapkan, perda yang sudah disahkan atau diputuskan sangat penting untuk segera diperbupkan. Sebab, perbup secara teknisnya adalah penjabaran dari perda.

“Jika belum ada Perbup, dalam suport APBD pelaksanaannya nanti bisa kesulitan. Karena secara teknis, perbup ini adalah penjabaran dari perda. Termasuk sebagai dasar bupati untuk menganggarkan dalam APBD,” pungkasnya.

Editor: Kholistiono

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
100,000PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler