31 C
Kudus
Sabtu, Februari 4, 2023
BerandaSEMARANGSebabkan Kemacetan, Satpol...

Sebabkan Kemacetan, Satpol Kota Semarang Tertibkan Pedagang Pasar Tumpah di Kawasan Kranggan

BETANEWS.ID, SEMARANG – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang menertibkan pasar tumpah di kawasan Kranggan, Semarang Tengah, Kota Semarang, Rabu (30/11/22).

Penertiban ini dilakukan agar kemacetan tidak terjadi lagi. Sebab masih banyak pedagang yang kerap berjualan di pinggir jalan raya.

Kepala Satpol PP Kota Semarang Fajar Purwoto mengatakan, ia tidak melarang pedagang untuk berjualan di pinggir jalan raya Kranggan. Asalkan pedagang mematuhi batas waktu berdagang yaitu sampai jam 07.00 WIB.

Satpol PP Kota Semarang menertibkan pedagang pasar tumpah di kawasan Kranggan. Foto: Ist.

Baca juga: Tak Terima Ditertibkan, Pedagang di Bahu Jalan Pasar Genuksari Adu Mulut dengan Satpol PP Semarang

Pihaknya pun mengaku, sebelumnya ia sudah memberikan peringatan, tetapi diabaikan.

“Pasar tumpah Kranggan ini sudah dikasih peringatan lama banget, tapi pedagange masih bandel. Saya minta jam 7 harus selesai berjualan, karena bisa menganggu kelancaran lalu lintas dan mengurangi penjualan di Pasar Johar baru, ” ujar Fajar Purwoto.

Pihaknya mengungkapkan, Satpol PP akan terus hadir untuk menertibkan pasar tumpah yang menganggu ketertiban. Sebab, pasar tumpah di kawasan Kranggan itu tidak berizin.

“Kami akan menertibkan terus seperti pernertiban di Pattimura. Seminggu 3 kali, kita akan menertibkan. Kalau ada, barang akan kami ambil, karena yang dagang di sini itu tidak ada izinya,” ujarnya.

Saat penertiban di kawasan tersebut, ia menyebut masih ada beberapa pedagang yang berjualan secara permanen, sehingga pihaknya memberikan sanksi tegas berupa penyitaan barang dagangan.

“Silakan jualan, tapi jangan permananen. Tadi ada 3 kios dibongkar, karena sudah ganggu jalan. Sekali lagi, saya minta jam 7 batas berjalannya, ” ujarnya.

Baca juga: Satpol PP Kota Semarang Segel 15 Lapak Pedagang di Pasar Johar Baru

Selain itu, Fajar mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perdagangan Kota Semarang, karena tidak menarik retribusi kepada sejumlah pedagang pasar tumpah di Kranggan.

“Saya terima kasih kepada Dinas Perdagangan tidak pernah menarik retribusi di sini. Apabila orang lain atau kelompok lain menarik tanpa dasar itu pungutan liar,” katanya.

Ia menambahkan pihaknya akan ikut campur jika berkaitan dengan penataan Pasar Johar baru maupun MAJT.

Editor: Kholistiono

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
100,000PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler