31 C
Kudus
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaKISAHRintis Bisnis saat...

Rintis Bisnis saat Pandemi, Nandar Buktikan Bisa Sukses Usaha Roti yang Harganya di Bawah Pasaran

BETANEWS.ID, KUDUS – Nandar Hidayat (31) jadi salah satu pelaku usaha yang nekat saat merintis usaha. Kala banyak pengusaha kalang kabut dengan terpaan pandemi Covid-19, ia justru mengambil risiko memulai usaha roti dengan merek Bakrie Bakery.

Warga Desa Gondosari, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus itu mengatakan, tekadnya memproduksi roti sejak 2021 karena ia berpikir usaha frozen foodnya mulai kembang kempis. Waktu itu, Ia kepikiran membuat roti yang tidak kalah saing dengan kualitas pabrik.

Berbagai roti yang diproduksi Bakrie Bakery. Foto: Sekarwati

“Istri kan emang dari dulu sudah buat roti pisang, tapi dititip-titipkan di warung. Kalau dititipkan warung kan bayarnya belakangan dan resiko jamurnya banyak, akhirnya tidak untung tapi buntung. Lalu tak suruh berhenti. Terus aku lihat prospek roti bun itu kok bagus. Lalu coba buat dan kreasikan sendiri. Awal-awal ya gagal gitu, tapi alhamdulilah sekarang sudah tahu caranya,” katanya pada betanews.id, Senin (14/11/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Roti Gembong di Bakrie Bakery Laris Manis, Kualitasnya Berani Diadu dengan Pabrik

Strategi yang ia jalankan saat memasarkan produknya adalah membuat roti kualitas sama dengan pabrik, tapi harga jauh lebih murah. Menurutnya, roti produksi pabrik dijual rata Rp25 ribu sebungkus, dan dia bisa menjualnya hanya Rp14 ribu saja untuk roti burger ukuran besar, atau selisih Rp11 ribu. Harga itu untuk isi 9 potong, sedangkan ukuran mini harganya Rp12 ribu isi 20 potong. Kemudian untuk roti gembong Rp7 ribu dan roti sobek Rp8 ribu.

“Saya melihat pedagang itu hanya punya pilihan roti premium dari perusahaan yang sudah besar. Kebetulan istri itu bisa buat lalu kami buat alternatif pilihan yang terjangkau. Akhirnya banyak pedangan yang mengambil di kita. Makanya di masa sulit itu roti kita berkembang secara pesat karena ada alternatif midle low,” imbuhnya.

Baca juga: Dari Hobi Jadi Bisnis, Cerita Sulastri Rintis Usaha Kuliner Lesehan Dapur Simbok

Berkat kerja kerasnya itu, Nandar yang awalnya memproduksi 30 bungkus roti, kini dapat memproduksi 100 bungkus roti atau mencapai ribuan roti setiap hari.  Tidak hanya itu ia juga telah memiliki banyak agen-agen penjualan di wilayah Kudus, Jepara, dan Pati. Untuk pemesanan, bisa menghubungi nomor WhatsApp 0896 4733 7127 atau datang langsung ke tempat produksi Bakrie Bakery.

“Kalau segi permintaan roti bun itu yang mini maupun besar berjalan terus setiap hari. Begitu juga dengan roti gembong. Sekarang kita buat roti sobek yang buat khajatan orang nikah, khitanan, dan lain-lain,” tandas Nandar.

Editor: Ahmad Muhlisin

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler