31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaKUDUSPuluhan Pelaku UMKM...

Puluhan Pelaku UMKM Ikut Semarakkan Kopma Expo IAIN Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Koperasi Mahasiswa (Kopma) IAIN Kudus menggelar Kopma Expo 5 yang berlangsung di lapangan kampus timur IAIN Kudus, Senin (14/11/2022). Kopma Expo 5 merupakan agenda tahunan sekaligus program kerja terbesar dari Kopma IAIN Kudus.

Ketua Panitia Kopma Expo Ni’mah Diana menjelaskan, kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, mulai 14-16 November 2022 dengan mengusung tema “Merdeka Dalam Berkarya”. Tak hanya expo, ada berbagai kegiatan yang diselenggarakan dalam kegiatan tersebut. Di antaranya, hari pertama yaitu opening ceremony, stand up comedy, talkshow nasional dan pelatihan desain grafis.

Pembukaan Kopma Expo 5, Senin (14/11/2022). Foto: Erna Safitri.

Baca juga: 27 UMKM Ikuti Kopma Expo di IAIN Kudus

- Ads Banner -

Kemudian, di hari kedua ada tari kreasi, pop up market untuk memperkenalkan produk lokal dari pelaku UMKM dan beauty class. Selanjutnya, untuk hari terakhir ada fashion show, seminar branding, serta puncak acara adanya pengumuman pemenang lomba dan hiburan musik.

“Ini adalah agenda terbesar dari Kopma dan baru pertama kali digelar di luar biasanya di GOR. Ada beberapa kegiatan selama tiga hari ini. Ada pula lomba mobile legends champions kemarin (Minggu),” jelasnya, Senin (14/11/2022).

Menurut Ni’mah, kegiatan Expo Kompa bertujuan untuk mewadahi para pelaku UMKM yang ada di Kudus dan sekitarnya. Serta menenalkan produk-produk mereka lebih luas lagi.

“Membangun para UMKM supaya mereka juga bisa membranding dan mengembangkan terkait UMKM mereka. Sehingga kita dampingi dengan event ini, pengunjung bisa mengenal dan melihat produk mereka,” ungkapnya.

Tak hanya itu, pelaku UMKM juga diberikan waktu untuk berpartisipasi dengan mempromosikan produknya secara eksklusif di atas panggung. Total terdapat 27 UMKM yang mengikuti kegiatan Kopma Expo kali ini. Ada berbagai macam UMKM yang memamerkan produk mereka mulai dari kuliner, fashion, merchandise serta ada stand kusus dari Kopma.

“Untuk stan UMKM ada 27 UMKM, sebagian besar berasal dari Kudus. Ada makanan, fashion, marchines, ada stand dari kopma IAIN juga. Setiap UMKM akan diberi waktu untuk persentasi di hari pertama dan kedua,” tambahnya.

Baca juga: Kopma IAIN Kudus Gelar UMKM Expo, Ada Turnamen Mobil Legend Hingga TikTok Challenge

Selain bertujuan mewadahi para pelaku UMKM, kegiatan Kopma Expo yang menjadi agenda tahunan ini juga dapat meningkatkan produk mereka. Selain itu, kegiatan pendukung seperti lomba juga dapat memfasilitasi mereka yang memiliki skill agar terus berkembang.

“Harapannya, ke depan bisa lebih baik dalam segi acara. Dan para UMKM bisa meningkatkan terkait produk mereka. Dengan adanya event ini dan kegiatan lomba bisa jadi wadah untuk skill mereka,” tandasnya.

Editor: Kholistiono

Erna Safitri
Erna Safitri
Erna Safitri adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di IAIN Kudus Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler