31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaKUDUSPT Djarum Akan...

PT Djarum Akan Beralih ke Energi Ramah Lingkungan Secara Bertahap

BETANEWS.ID, KUDUS – Komitmen Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT) mendapat dukungan dari sejumlah perusahan. Perusahaan-perusahaan tersebut antusias menerapkan energi ramah lingkungan. Salah satunya adalah PT Djarum.

Deputy General Manager Engineering PT Djarum, Suwarno mengatakan, pihaknya mendukung pemerintah dalam upaya pengembangan EBT. Yakni, dengan pemakaian pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang telah dilakukan secara bertahap sejak 2020. Saat ini, PLTS yang terpasang sudah memiliki kapasitas 2.192 KWp.

petugas mengecek PLTS di salah satu pabrik PT Djarum. Foto: Ist

“Nanti akan berkesinambungan dengan sambil menunggu peraturan pemerintah. Harapannya nanti platform 15 persen ini bisa lebih dinaikkan lagi,” ujarnya, Kamis (10/11/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Antisipasi Habisnya Cadangan Energi Fosil, SMK NU Ma’arif Kudus Ajarkan Pembuatan PLTS

Pengembangan EBT juga dilakukan dengan pemakaian bahan bakar alternatif, seperti biomassa. Selain ramah lingkungan, juga bersih emisi dan lebih murah ketimbang bahan bakar yang lain, yakni gas dan minyak.

“Dan, tak kalah penting adalah konservasi air. Di sini masa depan penting sehingga PT Djarum menerapkan panel air dengan pembuatan pond di lokasi oasis. Ini akan mengurangi pemakaian air bawah tanah. Kalau itu diaplikasikan dengan sungguh-sungguh akan memberikan kontribusi lingkungan yang sangat besar,” paparnya.

Baca juga: RSJD Dr Amino Gondohutomo Sudah, Ganjar Dorong Perkantoran di Jateng Gunakan Energi Terbarukan

Sejauh ini, PT Djarum bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk menjaga lingkungan.

“Beberapa event Djarum seperti penanaman pohon dan lainnya kerja sama dengan Pemprov. Dukungan PT Djarum sangat positif, penghijauan di semua ruas jalan, penanaman mangrove di pantai. Dengan demekian kontribusi Djarum di Jateng ini sangat besar. Dan berharap bukan hanya Djarum perusahan lain dan lembaga lain bisa meniru,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler