31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaKUDUSDi Kudus Ternyata...

Di Kudus Ternyata Masih Terdapat Ribuan Warga yang Tergolong Miskin Ekstrem

BETANEWS.ID, KUDUS – Kabupaten Kudus yang terkenal dengan Kota Industri ternyata masih terdapat warga yang tergolong dalam tingkat kemiskinan ekstrem. Bahkan jumlah warga miskin ekstrem di Kudus mencapai ribuan.

Hal itu diungkap oleh Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DINSOS P3AP2KB) Kabupaten Kudus, Agung Karyanto. Dia mengatakan, kriteria warga miskin ekstrem adalah orang yang tak mampu mencukupi kebutuhan dasar mereka.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DINSOS P3AP2KB) Kabupaten Kudus, Agung Karyanto. Foto: Rabu Sipan.

Baca juga: PT Djarum Renovasi 10 Rumah Tak Layak Huni di Kudus, Bantuan Capai Rp52 Juta per Rumah

- Ads Banner -

“Untuk jumlah warga miskin ekstrem di Kudus totalnya ada 5.650. Nantinya mereka yang masuk dalam kategori warga miskin ekstrem akan diberi bantuan langsung tunai (BLT),” ujar pria yang akrab disapa Agung ketika ditemui di sela-sela acara pemberian santunan kematian di Pendopo Kudus, Rabu (16/11/2022).

Dia mengatakan, bantuan BLT bagi warga miskin ekstrem tersebut anggarannya bersumber dari Dana Intensif Daerah (DID). DID yang sebesar Rp 10 miliar itu kegunaanya ada yang untuk bantuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui kecamatan. Kemudian, juga digunakan untuk gelaran Pasar Rakyat melalui Dinas Perdagangan.

“Nah, sisanya baru untuk BLT warga miskin ekstrem di Kudus. Total anggarannya kurang lebih sebesar Rp 2,8 miliar,” bebernya.

Untuk nominal BLT lanjutnya, tetap Rp 150 ribu per bulan. Namun, BLT tersebut untuk beberapa bulan nantinya akan dimaksimalkan.

Baca juga: Percepat Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem, Ini Strategi yang Disiapkan Pemprov Jateng

“Patokan nominal bantuannya Rp 150 ribu. Nanti kalau anggarannya cukup untuk tiga bulan kita berikan tiga bulan. Pokoknya kita maksimalkan sesuai anggaran yang ada,” tandasnya.

Penyuran BLT untuk warga miskin ekstrem di Kudus nantinya mulai disalurkan pada awal Desember. Penyalurannya langsung kepada mereka yang masuk kriteria.

“Nantinya disalurkan langsung oleh Dinsos dan secara cash. Terkait teknisnya nanti mereka yang masuk data warga miskin ekstrem bisa kami undang untuk diberikan BLT,” pungkasnya.

Editor: Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler