31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaKUDUSCukai Rokok Naik...

Cukai Rokok Naik 10 Persen, Industri Rokok Kecil di Kudus Terancam Mati

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah memutuskan untuk menaikkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) untuk rokok sebesar 10 persen pada 2023 dan 2024. Kenaikan tarif cukai yang cukup besar itu pun dikeluhkan pengusaha rokok skala kecil di Kudus.

Satu di antaranya yang mengeluhkan adalah Pemilik Perusahaan Rokok (PR) Bethoro Guru Suparno. Menurutnya, kenaikan tarif cukai sebesar 10 persen pada tahun depan dirasa sangat berat. Pasalnya, perusahaan rokok kecil itu istilahnya baru belajar atau merintis usaha.

Buruh PR Bethoro Guru sedang membuat rokok. Foto: Rabu Sipan

“Ibaratnya, perusahaan rokok kecil ini kan masih serba belajar. Terkait rasanya, pemasarannya, semua masih belajar. Ketika tarif cukai dinaikkan, tentu sangat berat bagi kami,” ujarnya, Jumat (4/11/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Ini Alasan PT Sukun Tetap Produksi Rokok Klobot Meski Peminat Terus Berkurang

Dampak kenaikan tarif cukai tersebut, ungkapnya, akan mempengaruhi penjualan dan imbasnya produksi menurun. Bahkan produksi bisa berhenti karena harga jual rokok akan mahal.

“Jika harga rokok mahal, otomatis rokok indsutri kecil akan ditinggalkan konsumen. Sebab, terkait rasa dan trik pemasaran kami masih belajar,” keluhnya.

Ia pun khawatir, naiknya tarif cukai sebesar 10 persen justru akan mengakibatkan produksi rokok ilegal makin tumbuh dan banyak. Sebab, mereka tidak mungkin mampu untuk memproduksi rokok sesuai regulasi, ketika tarif cukai melambung tinggi.

Baca juga: Jam Terbang Tinggi, Buruh Batil Rokok di Kudus Bisa Hasilkan Seribu Batang dalam Sejam

“Niatnya pemerintah ini kan menghapus rokok ilegal, tapi dengan kenaikan tarif cukai tinggi, yang ada justru produksi dan peredaran rokok ilegal akan makin banyak,” bebernya.

Dia pun berharap, pemerintah untuk menggkaji ulang kebijakan menaikan tarif cukai sebesar 10 persen. Menurutnya, tak masalah tarif cukai dinaikkan tapi jangan tinggi-tinggi.

“Ya, kenaikan tarif cukai baiknya sama dengan sebelumnya yakni di bawah lima persen. Agar kami industri kecil rokok juga masih bisa produksi dan memasarkan produk rokok kretek kami,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler