31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaSEMARANGMakam Nyai Brintik...

Makam Nyai Brintik di Kampung Pelangi Semarang yang Sarat dengan Mitos dan Selalu Ramai Peziarah

BETANEWS.ID, SEMARANG – Gunung Brintik Semarang konon memiliki jejak misteri terkait sejarah panjang Kota Semarang. Masuk kawasan wilayah yang dulu bernama Pragota, dalam beberapa tulisan soal sejarah Semarang, bukit yang ada di Kampung Wonosari, Kelurahan Randusari, Kota Semarang ini kerap disebut dan dipercaya menyimpan jejak kekayaan budaya. Gundukan bukit ini diperkirakan dulunya berupa pulau yang dikelilingi air laut.

Belakangan, kampung tersebut disulap oleh Pemkot Semarang menjadi kampung warna-warni yang dikenal dengan sebutan Rainbow Village atau Kampung Pelangi Semarang.

Di puncak bukit akan dengan mudah menemukan ratusan rumah warga berhimpitan dan bahkan sebagian berdiri di tengah-tengah patok kuburan Bergota.

- Ads Banner -

Baca juga: Ziarah ke Makam Mbah Ponco Dipercaya Jadi Sarana Pembuka Kesuksesan Bagi Pedagang

Kampung Gunung Brintik memang memiliki kisah sejarah panjang. Sederet nama tokoh besar pernah singgah di daratan tersebut. Bahkan memiliki peran dalam peradaban penting di Kota Semarang.

Selain itu, nama Gunung Brintik ditengarai diambil dari legenda seorang wanita berambut brintik (keriting) yang sakti mandraguna penghuni pertama kali bukit rimbun tersebut. Makam tokoh Dowo Rinjani atau Nyai Brintik ini juga berada di perbukitan tersebut. Makam Nyai Brintik, memang terpisah dari pemakaman umum warga.

Menurut Juru Kunci Makam Nyai Brintik, Ari Kumalasari, makam yang terdapat di Kelurahan Randusari RT 7/ RW 3, Kecamatan Semarang Selatan itu, biasanya selalu ramai didatangi peziarah. Beberapa peziarah disebut-sebut meyakini, kalau berziarah ke makam itu, hajatnya akan dikabulkan.

Menurut Ari, saat dirinya masih kecil dulu, sudah banyak peziarah yang mengunjungi Makam Nyai Brintik.

“Sudah sejak dulu, sejak saya kecil, orang-orang sudah banyak berziarah di sini. Dulu yang jadi juru kunci itu kakek saya, kemudian dilanjutkan ibu saya, dan terakhir diturunkan ke saya,” kataya.

“Dulu yang menemukan makam ini ya kakek saya, karena tahu makam leluhur, akhirnya dirawat dan dijadikan tempat ziarah. Dulu di sini masih kebun-kebun, rumah di sini baru satu yaitu rumah ibu saya,” tambahnya.

Ari pun melanjutkan, karena Nyai Brintik merupakan sesepuh daerah tersebut, sehingga jika warga akan membuat acara seperti pernikahan ataupun sunatan, warga sering ziarah untuk meminta izin dan doa agar acaranya lancar.

“Warga disini percaya, kalau mau ada acara izin dulu ziarah dulu ke makam sini. Biasanya nanti menggelar pengajian disini terus bawa kembang telon, kinang batu ampek, ketan salak, pisang raja satutangkep (dua pasang),” ujarnya.

“Tidak hanya warga sekitar yang pengajian untuk buat acara, masyarakat luar kota juga banyak, kalau mereka biasanya datang kesini karena ada hajat (keinginan) misal mau punya rumah, jabatan, dan lain-lain,” tambahnya.

Untuk masyarakat yang mempunyai hajat, Ari mengatakan, biasanya nanti peziarah akan mengatakan apa hajatnya ke Ari, baru nanti Ari yang berdoa ke makam Nyai Brintik.

Baca juga: Bupati Demak Buka Grebeg Besar dengan Ziarah ke Makam Sultan Fatah dan Sunan Kalijaga

“Kalau yang punya hajat, biasanya nanti saya tanya dulu keinginannya apa, kalau sudah nanti saya doakan. Terus nanti kalau hajat mereka terkabulkan nanti mereka kesini lagi untuk bentuk rasa syukur dan mengadakan bancaan, biasanya bawa ingkung dan lain-lain,” bebernya.

Mengenai sosok Nyai Brintik, Ari pun menceritakan, bahwa Nyai Brintik merupakan sosok wanita cantik yang berambut brintik (kriting).

“Kalau kata orang-orang yang pernah lihat Nyai Brintik itu cantik rambutnya brintik. Kalau saya belum pernah lihat, cuma kadang kalau bersih-bersih makam ada bayangan putih gitu, tapi saya biarkan, pokoknya niat saya merawat makam ini,” tutupnya.

Editor: Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler