31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaPOLITIKJumlah Kursi di...

Jumlah Kursi di DPRD Jateng Dipastikan Tidak Ada Penambahan pada Pileg 2024

BETANEWS.ID, JATENG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah menegaskan, bahwa tidak ada penambahan jumlah kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah pada Pemilihan Legistlatif (Pileg) 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Jawa Tengah Paulus Widiantoro, saat Temu Media Dalam Rangka Penyelenggaraan Pemilu 2024 pada Rabu (5/10/22).

Ketua KPU Jawa Tengah Paulus Widiantoro. Kartika Wulandari.

Baca juga: Dana Cadangan Pilgub Jateng 2024 Disiapkan Rp 300 Miliar Tiap Tahun

- Ads Banner -

Paulus menerangkan, tidak adanya penambahan jumlah kursi di DPRD Jateng, karena sudah mencapai angka maksimal, yakni 120 kursi. Hal ini sesuai dengan undang-undang, bahwa jika provinsi dengan penduduk di atas 20 juta, maka penambahan kursi tidak akan diadakan.

“Kita tidak ada penambahan, karena sudah maksimal. Hal ini sesuai dengan undang-undang jadi untuk provinsi dengan penduduk di atas 20 juta, dan misal lebih sampai 60 juta pun tidak akan ada penambahn kursi,” bebernya.

Sedangkan untuk penambahan kursi di kabupaten/kota, kemungkinan bisa bertambah selama penduduknya tidak diatas 3 juta.

“Kalau untuk kabupaten/kota kemungkinan bisa ada penambahan kursi. Misal yang awalnya 45, bisa menjadi 50, yang awalnya 40 jadi 45, atau 25 jadi 30. Tapi kalau 50 menjadi 55 kita tidak bisa, karena ada syaratnya dari 50 ke 55, yaitu penduduknya harus di atas 3 juta. Sedangkan kabupaten/kota di Jateng tidak ada penduduk yang jumlahnya di atas 3 juta. Selama ini, yang kursi 55 baru ada di kabupaten/kota Bogor dan Surabaya,” jelasnya.

Baca juga: KPU Kota Semarang Masih Tunggu Intruksi Soal Wacana Kampanye di Lingkungan Kampus

Pihaknya pun menambahkan, mengenai data penduduk, saat ini sudah diserahkan langsung dari Dukcapil ke KPU RI sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 tahun 2022, yaitu tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2024.

“Sekarang semua data dari pusat, jadi penyerahanya dari Dukcapil ke KPU RI dan jatuhnya nanti tanggal 14 Oktober. Jadi nanti tanggal 14 itu sekaligus pemetaan daerah pemilihan (Dapil) tingkat kabupaten/kota. Karena sesuai dengan PKPU Nomor 7 Tahun 2017, Dapil DPR RI dan DPR Provinsi harus sesuai UU. Maka ketika UU tidak berubah, Dapil DPRD RI dan Dapil Provinsi tidak berubah,” bebernya.

Editor: Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler