31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaSEMARANGCuaca Ekstrem, BPBD...

Cuaca Ekstrem, BPBD Jateng Sebut Semua Daerah di Jateng Rawan Bencana

BETANEWS.ID, SEMARANG – Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Bergas C Penanggungan meminta semua daerah di wilayahnya mewaspadai beragam bencana di musim hujan.

“Kalau di Jawa Tengah hampir semuanya memiliki potensi, baik itu banjir maupun longsor. Semuanya (kabupaten/kota) potensinya sama,” ujarnya saat ditemui, Kamis (20/10/2022).

Bergas menyebut, adanya cuaca ekstrem memang membuat semua orang harus mewaspadai potensi bencana di daerah masing-masing. Mengingat, kemungkinan terjadi bencana lebih besar dibanding biasanya.  

- Ads Banner -

“Kita tidak bisa mengukur kalau suatu daerah misalnya Brebes banjir saja, itu tidak bisa. Karena ternyata Brebes berbatasan di tengah-tengahnya itu daerah pegunungan dan berpotensi longsor juga,” kata Bergas.

Baca juga: Hadapi Ancaman Bencana saat Musim Hujan, Ganjar: ‘Kuncinya Pasokan Informasi dan Respon Cepat’

Contohnya saja Kabupaten Kudus, lanjut Bergas, meskipun daerahnya termasuk dataran rendah, tetapi wilayah bagian utara yang berdekatan dengan Gunung Muria juga mempunyai potensi terjadi longsor.

Bergas melanjutkan, BPDB Jateng juga sudah menjalin koordinasi dengan BPDB di masing-masing kabupaten/kota untuk menanggulangi bencana yang timbul akibat cuaca ekstrem dan hujan lebat. Masing-masing BPDB di kabupaten/kota juga sudah memiliki sarana dan prasarana serta sumber daya manusia (SDM) guna mengantisipasi dan menanggulangi terjadinya bencana alam.

Baca juga: DPUBMCK Jateng Kerahkan Tim Pemantau Jalan untuk Antisipasi Jalan Rusak Karena Bencana

“Semua kabupaten/kota hampir punya sarpras spesifik, misalnya perahu karet untuk banjir atau kendaraan khusus untuk evakuasi di tempat ketinggiaan. Termasuk SDM, temen-temen relawan,” jelasnya.

Bahkan, BPDB Jateng pun siap melakukan pendampingan dan dukungan jika masing-masing daerah masih membutuhkan bantuan.

“Kalau diperlukan, ya pasti kita support baik logistik, sarpras, SDM, dan pendampingan lain,” pungkas Bergas.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler