31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaKUDUSMinim Peminat, Pendaftaran...

Minim Peminat, Pendaftaran Lelang Jabatan Kepala Dinas di Kudus Diperpanjang

BETANEWS.ID, KUDUS – Pendaftaran seleksi terbuka untuk jabatan kepala dinas di delapan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus diperpanjang. Hal itu dikarenakan minimnya pelamar Jabatan Tinggi Pratama (JTP) yang kosong tersebut.

Ketua Panitia Seleksi Terbuka JTP Pemkab Kudus yakni Samani Intakoris mengatakan, bahwa diperpanjangannya waktu pendaftaran seleksi jabatan kepala dinas karena jumlah pelamarnya belum memenuhi syarat. Sebab, sejak dibuka pada 13 September dan berkahir pada 17 September 2022, hanya ada 16 pelamar untuk delapan OPD.

‘Padahal untuk memenuhi syarat, di satu formasi jabatan kepala dinas minimal ada tiga pelamar. Karena jumlah pelamar belum memenuhi syarat, maka waktu pendaftaran jabatan kepala dinas diperpanjang. Dimulai hari ini, Kamis tanggal 22 September 2022 hingga Sabtu, 26 September 2022,” ujar pria yang akrab disapa Samani kepada Betanews.id, Kamis (22/9/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Pansel Lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Dibentuk, Hartopo Minta Proses Seleksi Berlangsung Transparan

Samani mengungkapkan, sebenarnya jabatan kepala dinas di delapan OPD yang diadakan seleksi terbuka itu, semua ada pelamarnya. Bahkan ada dua jabatan kepala OPD yang pelamarnya sudah memenuhi syarat, yakni Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan).

“Dua jabatan kepala dinas tersebut sudah ada tiga pelamar yang memenuhi syarat. Yang enam lainnya belum. Oleh karenanya, waktu pendaftaran diperpanjang,” beber Samani yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Kudus itu.

Sementara itu, Sekertaris Panitia Seleksi Terbuka JTP Pemkab Kudus Revlisianto Subekti menyampaikan, bahwa proses pendaftaran seleksi terbuka jabatan kepala dinas itu ada mekanismenya. Ketika belum terpenuhi, maka pendaftaran diperpanjang.

“Di antaranya mekanismenya adalah jumlah pendaftar di satu formasi jabatan kepala dinas harus minimal ada tiga pelamar. Ketika kurang dari tiga pelamar, maka pendaftaran diperpanjang,” ujarnya.

Sedangkan, jika nanti di masa waktu perpanjangan pendaftaran jumlah pelamar masih belum memenuhi syarat, maka diperpanjang lagi. Namun, untuk kali ini Bupati Kudus bisa memberikan surat perintah kepada pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memenuhi syarat di lingkungan pemkab untuk ikut seleksi.

“Tujuannya agar jumlah pelamar bisa memenuhi syarat,” tandas pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kudus.

Dia mengatakan, bahwa pelamar jabatan kepala dinas yang kosong tidak hanya untuk pegawai ASN di lingkungan Pemkab Kudus, tapi juga bisa diikuti oleh ASN dari lingkungan pemerintah daerah lain.

“Namun, hingga saat ini belum ada pelamar ASN dari lain daerah. Semuanya dari lingkungan Pemkab Kudus,” ungkapnya.

Baca juga: Delapan Jabatan Kepala Dinas di Kudus Kosong, Ada Tiga Pejabat Eselon II yang Rangkap Jabatan

Sebagai informasi, saat ini ada delapan jabatan kepala dinas di lingkungan Pemkab Kudus yang kosong. Anatara lain, Dinas Pariwisata, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) serta Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK).

Kemudian ada jabatan Kepala Inspektorat, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) serta Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler