31 C
Kudus
Rabu, November 30, 2022
BerandaSEMARANGMelihat Keseruan Lomba...

Melihat Keseruan Lomba Perahu Hias di Semarang

BETANEWS.ID, SEMARANG – Dinas Perikanan Kota Semarang menggelar lomba perahu hias di Sungai Plumbon TPI Mangunharjo, Mangkang, Semarang pada Sabtu (17/09/22). Lomba tersebut diikuti sebanyak 48 tim dari kelompok usaha bersama (KUB) nelayan se-Kota Semarang.

Masitoh, Kepala Bidang Perikanan Tangkap pada Dinas Perikanan Kota Semarang menyampaikan, lomba menghias perahu ini baru pertama kalinya diadakan oleh Dinas Perikanan Kota Semarang.

Lomba perahu hias di Semarang. Foto: Kartika Wulandari.

Baca juga: Pasar Apung Banjir Kanal Barat, Destinasi Wisata Baru di Kota Semarang

- Ads Banner -

“Kalau pesertanya adalah nelayan binaan dari Dinas Perikanan Kota Semarang yang tergabung dalam KUB. Jadi kita ingin meningkatkan kreativitas kekompakan solidaritas, itu inti tujuan kita. Lomba menghias perahu sudah pernah diadakan, tapi kalau menghias perahu khusus nelayan se-Kota Semarang baru kali ini,” imbuhya.

Masitoh menjelaskan, jumlah perserta yang ikut terdiri dari 48 tim yang berasal dari 23 KUB. Untuk satu tim berisi 3 orang. Nelayan yang ikut antara lain berasal dari nelayan Genuk, Tambakrejo, Tambaklorok, Tambakmulyo, Bandarharjo, Mangkang, Mangkang Kulon, Karanganyar dan masih banyak lagi.

“Hari ini ada 48 tim yang daftar, tapi akhirnya yang datang 46, karena 2 peserta tidak bisa hadir karena ada kendala di laut, mesinnya ada masalah,” bebernya.

Lalu untuk tema yang diusung dalam lomba kali ini adalah “Pemanfataan Potensi Sumberdaya Ikan” meliputi Ikan atau hewan laut lainya, mangrove, ataupun alat tangkap.

Adapun kriteria untuk penilaian, yaitu kesuaian tema, kreativitas,estetika, keamanan, dan komposisi. “Untuk juara 1 dapat hadiah Rp 7.500.000, juara 2 Rp 6.375.000, sedangkan juara Rp 5.250.000,” ujarnya.

Sementara itu, pemenang lomba, Sugi berasal dari Paguyuban Rukun Makmur, Bandarharjo, Semarang Utara mengaku, untuk menghias perahu ini membutuhkan waktu sekitar 2 minggu.

Baca juga: Melukis di Atas Perahu, Ngabuburit Ala Seniman Semarang untuk Peringati Hari Bumi

“Alhamdulillah senang, karena perjuangan kita ada hasilnya, kita berangkat dari Tambklorok sekitar pukul 03.00 WIB dan sampai pukul 06.30 WIB. Dalam perjalan ke sini cukup sulit, karena harus membawa kapal dengan hiasan ikan yang besar, tapi alhamdulillah sampai,” akunya.

Tema yang diusung dalam lomba tersebut, katanya adalah ikan marlin. Sedangkan untuk proses pembuatannya, dikerjakan 15 orang dan bahan yang digunakan terbuat dari bambu terus ditutup sama banner, kemudian diwarnai dengan cat. Sedangkan modal untuk menghias perahu sekitar Rp 4 juta.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler