31 C
Kudus
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaKUDUSRiangnya Buruh Rokok...

Riangnya Buruh Rokok Djarum Usai Dapat BLT, Rena: ‘Untuk Tambah Biaya Nikah’

BETANEWS.ID, KUDUS – Pagi itu, ratusan buruh rokok Djarum di Brak Desa Garung Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus terlihat semringah. Mereka begitu riang karena bantuan langsung tunai (BLT) yang ditunggu-tunggu akhirnya dicairkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus.

Salah satu buruh, Rena Ristiana mengaku sangat senang dapat BLT. Uang itu rencananya akan ditabung untuk tambahan biaya menikah.

Bupati Hartopo meninjau pencairan BLT Rokok di Pabrik Djarum. Foto: Rabu Sipan.

“Tentu senang dapat BLT. Uangnya mau tak tabung buat tambah modal menikah,” ujar warga Desa Singocandi, Kudus tersebut, Jumat (26/8/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: 64 Ribu Buruh Rokok di Kudus Terima BLT Juni-Juli Sebesar Rp600 Ribu

Selama dua tahun menerima BLT, ia masih berharap tahun depan dan seterusnya akan dapat bantuan terus, lantaran, uang tersebut bisa untuk keperluan diri sendiri maupun membantu orang tuanya.

Raut wajah bahagia juga terpancar di wajah Suryati. Warga Dukuh Karangturi, Desa Setrokalangan, Kaliwungu, itu mengaku Uangnya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

“Senang banget dapat BLT. Uangnya bisa untuk memenuhi kebutuhan keluarga, terutama untuk biaya sekolah anak,” ujar Suryati.

Suryati memiliki tiga anak dan saat ini masih sekolah semua. Dengan adanya BLT, setidaknya penghasilan yang tadinya untuk biaya sekolah bisa digantikan dengan uang bantuan ini.

“Sehingga uang penghasilan bisa digunakan untuk keperluan lain,” tandasnya.

Public Affairs Senior Manager PT Djarum Purwo Nugroho mengatakan, tahun ini buruh rokok Djarum yang mendapatkan BLT dari Pemkab Kudus ada 13.600 orang. Sedangkan yang dapat BLT dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kurang lebih 24 ribu buruh.

“Yang BLT dari Pemprov Jateng sudah selesai disalurkan. Sedangkan yang dari Pemkab Kudus penyalurannya masih berjalan,” bebernya.

Baca juga: Dikucuri Banyak BLT, Hartopo: ‘Selama Pandemi yang Dimanjakan Pemerintah Adalah Masyarakat’

Bupati Kudus Hartopo menambahkan, tahun ini sebanyak 70 ribu lebih buruh rokok di Kota Kretek akan mendapatkan BLT dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Hartopo mengatakan, penyerahan BLT ini adalah pencairan tahap pertama untuk dua bulan.

“Ini adalah tahap pertama, diberikan untuk bulan Juni-Juli yang dirapel dan diserahkan di bulan Agustus ini. Total yang diberikan untuk Kabupaten Kudus sekitar 70 ribuan yang bersumber dari Dana Desa, DBHCHT, dan Provinsi,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler