31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaKUDUS64 Ribu Buruh...

64 Ribu Buruh Rokok di Kudus Terima BLT Juni-Juli Sebesar Rp600 Ribu

BETANEWS.ID, KUDUS – Sebanyak 64 ribu buruh rokok di Kabupaten Kudus menerima bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp600 ribu. Penyerahan BLT diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kudus HM Hartopo di Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) Desa Megawon, Kecamatan Jati, Jumat (12/8/2022).

Salah satu buruh, Suhartini mengaku senang dapat BLT. Menurutnya, uang tersebut akan digunakan untuk membeli bahan pokok terurama beras.

“Tentu senang dapat BLT. Nanti uangnya mau dibuat nempur,” ujar Warga Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kudus tersebut.

- Ads Banner -

Baca juga: Tak Ingin Permalukan Warga Miskin, Hartopo Enggan Tempel Stiker di Rumah Penerima BLT

Hartini menyampaikan, sejak tahun lalu ia susah menjadi penerima BLT sebesar Rp600 ribu.

“Tahun lalu saya juga dapat. Alhamdulillah tahun ini ada BLT lagi dan dapat lagi. Semoga bantuan ini berkah,” bebernya.

Hal yang sama juga dikatakan Uni (62). Ia bersyukur dapat yang nantinya akan digunakan untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. “Bersyukur dan berterima kasih dapat bantuan,” ujar Uni semringah.

Hartopo mengatakan, BLT yang berikan kepada buruh rokok ini bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Total anggaran BLT dari dana cukai ini nilainya cukup fantastis yakni Rp 150 miliar.

Dia menambahkan, yang diberikan pada Bulan Agustus ini merupakan BLT untuk Bulan Juni dan Juli, nilainya tiap bulan Rp300 ribu. Sedangkan Agustus dan September nantinya diberikan pada bulan Oktober.

“Karena pemberian dirapel langsung dua bulan, maka buruh dapatnya Rp600 ribu. Nanti di perubahan juga tetap ada BLT, bulan Oktober dan November yang nantinya diberikan pada Desember,” jelasnya.

Baca juga: Dikucuri Banyak BLT, Hartopo: ‘Selama Pandemi yang Dimanjakan Pemerintah Adalah Masyarakat’

Kepala Dinsos P3AP2KB Agung Karyanto menyampaikan, BLT dilakukan bertahap lewat virtual account Bank Jateng. Hari ini, BLT diberikan kepada 382 buruh rokok di KIHT. Sementara itu, jumlah total penerima mencapai 64 .210 buruh rokok, terdiri dari BLT Kabupaten sejumlah 39.417 orang, dan BLT Provinsi sejumlah 24. 793 orang.

“Hari ini, kami mencairkan BLT untuk buruh rokok KIHT terlebih dahulu,” pungkasnya.

Sebagai informasi, penerima BLT buruh rokok di KIHT diberikan kepada 11 perusahaan. Di antaranya, PR Wadzik Jaya, PR. Kondang Jaya Putra, PR. Bethoro Guru, PR. Akbar Febri, PR. Rama, PR. Arta Jaya, PR. Al Fayid, PR. MH Barokah Jaya, PR. Ghofur Putra Jaya, PR. F&N Group, dan PR. Rajan Nabadi.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler