31 C
Kudus
Senin, Juli 22, 2024

Puluhan Siswa SMK Raden Umar Said Ikuti Pelatihan Jurnalistik dari Beta Media

BETANEWS.ID, KUDUS – Sejumlah 44 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Raden Umar Said, mengikuti pelatihan jurnalistik dari Beta Media, Sabtu (20/8/2022). Kegiatan tersebut terselenggara untuk mengenalkan dasar-dasar jurnalistik ke pelajar.

Wakil Kepala Kesiswaan SMK RUS Mukhlis Wahyudi merasa beruntung dengan adanya sekolah jurnalistik untuk siswa-siswanya itu. Menurutnya, ekstrakurikuler jurnalistik di sekolahnya masih memerlukan bimbingan penulisan berita, agar siswa semakin mahir dalam membuat produk jurnalistik.

Pelatihan Jurnalistik di SMK Raden Umar Said dari Beta Media. Foto: Kaerul Umam

“Berdasarkan laporan dari pembina informasi, setiap berita itu tidak fresh, jadi vibesnya tidak dapat. Seperti ada kegiatan 17 Agustus, minimal H+1 atau 2 sudah dipublish, sedangkan yang kemarin dikumpulkan, disusun sampai satu bulan lebih sehingga kurang fresh. Harapannya ketika mendapatkan pencerahan dari Betanews.id, teman-teman bisa langsung update, ada event hari ini besok bisa publish,” katanya, saat memberi sambutan.

-Advertisement-

Baca juga: Siapkan Desainer Handal, Denny Wirawan Terjun Langsung Ajari Siswa SMK di Kudus

Mukhlis meminta kepada siswanya agar tidak hanya sekedar mengikuti kegiatan saja, melainkan adanya output yang akan dikeluarkan. Siswa dianjurkan untuk aktif bertanya dan mulai menyusun berita.

“Setelah acara ini teman-teman tidak asal mengikuti acara, tapi ada eksekusi nantinya ketika setelah acara ini lebih sering-sering mencari berita dan menyusun untuk siap dipublish,” ujarnya.

Adanya kegiatan itu, Mukhlis berharap siswa-siswa SMK Raden Umar Said lebih semangat lagi dalam membuat berita.

“Harapan dari kami selaku pembina ekstra dan kesiswaan, setelah acara ini teman-teman bisa memaksimalkan lagi terkait esktra jurnalis yang ada di Raden Umar Said,” harapnya.

Sama halnya dengan Mukhlis, Siswa Kelas 11 Jurusan Animasi Kaisya Shofwatunnisa mengaku senang setelah mendapat banyak materi dari Betanews.id. Ia yang mulanya kesulitan dalam melakukan liputan, kini mendapat solusi yang telah diberikan pemateri.

“Senang dan banyak ilmu baru juga dari betanews, diajarin banyak hal tentang jurnalistik, seperti materi dan kesulitan saat liputan. Jadi kepikiran untuk mencoba ilmu yang telah diberi,” terangnya.

Baca juga: Antisipasi Habisnya Cadangan Energi Fosil, SMK NU Ma’arif Kudus Ajarkan Pembuatan PLTS

Siswi yang jadi ketua esktrakurikuler jurnalistik sekolah ini menambahkan, ia dan teman-temannya membuat buletin dan sering diminta mendokumentasikan kegiatan sekolah. Ia berharap, anggotanya dapat memahami materi tentang pembuatan berita dan menghasilkan karya yang lebih baik lagi.

“Di ekstrakurikuler jurnalis kemarin kami membuat buletin, selain itu mendokumentasikan kegiatan sekolah lewat Instagram atau yang lainnya. Harapannya bisa mengikuti dan teman-teman paham sehingga bisa membuat berita yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER