31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

Mulai Hari Ini BBM Nonsubsidi Naik Lagi, Pertamina Minta Masyarakat Tak Perlu Khawatir

BETANEWS.ID, KUDUS – PT Pertamina menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi mulai hari ini, Rabu (3/8/2022). Bensin yang naik adalah Pertamax Turbo jadi Rp17.900, Pertamina Dex Rp18.900, dan Dexlite Rp17.800. Sedangkan Pertamax dan BBM subidi yakni Pertalite dan Solar tidak mengalami perubahan harga.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menjelaskan, penyesuaian harga ini dilakukan mengikuti perkembangan terkini dari industri minyak dan gas, terutama harga minyak dunia atau ICP.

“Tercatat, harga rata-rata ICP per Juli  di angka 106.73 USD/barel, masih lebih tinggi sekitar 24 persen dari harga ICP pada Januari 2022. Harga ICP ini memang sangat fluktuatif, namun harganya masih cukup tinggi,” jelas Irto melalui siaran tertulisnya, Rabu (3/8/2022).

-Advertisement-

Baca juga: Pertamina Pastikan Aman Gunakan Ponsel di SPBU

Menurutnya, penyesuaian harga ini sudah sesuai dengan regulasi Kepmen ESDM No. 62/K/12/MEM/2020 tentang formulasi harga jenis bahan bakar umum (JBU). Harga Pertamax Turbo dan Dex Series itu juga masih paling kompetitif jika dibandingkan dengan produk dengan kualitas setara.

“Ini adalah komitmen kami menyediakan BBM berkualitas tetap dengan harga terjangkau,” kata Irto.

Baca juga: Beli Pertalite dan Solar Wajib Pakai Aplikasi MyPertamina, Ternyata Alasannya Karena Ini

Irto memastikan harga tersebut telah mempertimbangkan aspek menjaga daya beli masyarakat, karena porsi Pertamax Turbo dan Dex Series hanya sekitar 5 persen dari total konsumsi nasional. Angka ini tidak akan terlalu berpengaruh terhadap harga komoditas ataupun sektor transportasi.

“95 persen dari porsi BBM nasional yakni Pertamax, Pertalite, dan Solar tidak berubah harganya, hanya BBM segmen tertentu saja yakni Pertamax Turbo dan Dex Series. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, dan ke depan evaluasi harga akan terus kami lanjutkan,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER