31 C
Kudus
Jumat, Maret 29, 2024

Magelang Punya Potensi Peternakan yang Menjanjikan

BETANEWS.ID, MAGELANG – Sektor peternakan memegang peran dalam menopang ketahanan pangan nasional khususnya sumber protein hewani yang dibutuhkan masyarakat Indonesia. Di Kabupaten Magelang sendiri, memiliki potensi yang besar di sektor peternakan tersebut.

Kepala Dinas Peternakaan dan Perikanan Kabupaten Magelang Joni Indarto mengatakan, sektor peternakan sangat potensial sekali. Menurutnya terdapat beragam jenis ternak yang dikembangkan di wilayah Magelang.

Kantor Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang. Foto: Budi Prasetyo.

Baca juga: Nekat Utang Bank untuk Modal, Mantan Sales Ini Sukses Rintis Peternakan Sapi Perah

“Potensi peternakan yang ada di Kabupaten Magelang, seperti sapi potong, sapi perah, kambing, domba, kelinci dan unggas. Semua itu sangat potensial untuk terus dikembangkan,” jelas Joni Indarto.

Khusus untuk sapi potong, di Magelang memiliki wilayah tersendiri. Ada beberapa wilayah yang menghasilkan bibit sapi potong dan ada juga wilayah yang khusus untuk penggemukan.

“Untuk sistem pembibitan ada di kantong-kantong masyarakat seperti di Kecamatan Sawangan, Candi Multo, Dukun dan Pakis Bawah. Sapi-sapi bibit biasanya ada di Pasar hewan, Grabah dan Muntilan. Sementara untuk pengemukan ada di Sawangan Atas, Pakis Atas dan Ngablak,” jelas Joni.

Dijelaskan Joni Indarto, banyak masyarakat Magelang yang memelihara atau beternak sapi potong betina. Untuk bibit sapi potong itu sendiri, di Kabupaten Magelang merupakan sentra.

“Banyak daerah-daerah lain yang mengambil bibit sapi potong dari Magelang. Seperti Purworejo, Semarang, Yogyakarta bahkan sampai Jawa Barat. Untuk jenis sapi sendiri paling banyak itu sapi Metal dan Limosin,” jelas Joni.

Baca juga: Menengok Peternakan Sapi Brangus Kudus yang jadi Langganan Artis Ibu Kota

Joni Indarto menjelaskan, sektor peternakan sebagai penunjang ekonomi masyarakat cukup stabil. Pada saat pandemi, sektor peternakan menjadi salah satu yang stabil, baik dari ternak maupun dari harga.

“Saat pandemi sektor peternakan bertahan, karena produksi bertahan, dan teruji. Untuk itu sektor peternakan menjadi andalan masyarakat pada saat pandemi yang lalu,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
133,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER